Lindungi Umat, Terget 10 Juta Sertifikasi Halal Dikebut

Ilustrasi Sertifikat Halal

JagatBisnis.com –  Target 10 juta sertifikasi halal untuk produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) harus segera diwujudkan. Untuk mencapai 10 juta produk bersertifikat halal merupakan terobosan penting yang akan membawa banyak implikasi positif. Upaya itu untuk memberikan perlindungan umat terhadap jaminan konsumsi produk halal.

“Kewajiban sertifikasi halal juga akan memberikan nilai tambah dalam rantai pasok halal. Sehingga meningkatkan daya saing ekspor produk Indonesia, utamanya ke negara-negara OKI,” kata Wakil Presiden Ma’ruf Amin usai membuka Kongres Halal Internasional (KHI) di Pangkal Pinang, Bangka Belitung, seperti dikutip Rabu (15/6/2022).

Wapres mengungkapkan, ikhtiar untuk menuju Indonesia sebagai pusat halal dunia tentu harus diikuti dengan pembangunan ekosistem halal, yaitu pengembangan kawasan industri halal, pencatatan kodifikasi produk halal, serta pengembangan berbagai program pendukung lainnya.

Baca Juga :   UMKM Disarankan Kantongi Sertifikat Halal

“Saya yakin kontribusi sektor halal terhadap PDB nasional akan terus meningkat, dengan harapan bisa mencapai 30 persen dalam waktu 5 tahun ke depan,” paparnya.

Baca Juga :   Penerbitan Sertifikasi Halal UMK Bakal Lebih Mudah dan Cepat

Dia mengaku, target 10 juta produk halal ini bukanlah target yang mudah diraih. Untuk mencapai target ini, dibutuhkan kerja-kerja yang luar biasa dan kolaboratif. Banyak hal yang harus dilakukan. Salah satunya, akselerasi transformasi layanan jaminan produk halal dan menjalin sinergi dengan banyak pihak.

Baca Juga :   UMKM Disarankan Kantongi Sertifikat Halal

“Saya minta target 10 juta sertifikasi halal bagi UMK oleh BPJPH agar direalisasikan. Sehingga akan semakin banyak produk Indonesia yang siap mengisi pasar halal global,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO