Wabah PMK 151 Ribu Ekor Sapi Masih Sakit

JagatBisnis.com – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah menyebar di 18 provinsi dan 180 kabupaten di seluruh Indonesia. Setidaknya sudah terdapat 151.536 ekor sapi yang sakit. Sedangkan hewan sembuh sebanyak 40.707 ekor. Adapun hewan yang dilakukan pemotongan bersyarat 895 ekor dan yang mati sebanyak 698 ekor.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga menjelaskan, data tersebut didapat dari laporan pemerintah daerah (Pemda) melalui sistem aplikasi siagapmk.id. Untuk itu, saat ini pihaknya telah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk menanggulangi wabah PMK yang saat ini tengah menjangkit di 18 provinsi tersebut.

“Pertama adalah pembentukan gugus tugas penangananya PMK, mulai dari level pusat atau nasional, hingga tingkat provinsi Kabupeten. Selain itu juga dilakukan penataan lalu lintas hewan rentan, produk hewan, dan media pembawa penyakit di daerah wabah PMK,” katanya, Senin (13/6/2022).

Baca Juga :   Stok Sapi di Tanjungpinang Mulai Menipis

Menurut dia, pihaknya telah menetapakan rancangan aksi penanganan PMK, yang terbagi dalam tiga agenda, yakni agenda SOS, agenda Temporary, dan Agenda Permanen. Untuk itu, pihaknya memastikan penanganan PMK terus dilakukan secara maksimal. Diantaranya dengan mendistribusikan obat, penyuntikan vitamin, pemberian antibiotik dan penguatan imun.

Baca Juga :   Wabah PMK Meluas, Kerugian Ditaksir Hampir Rp10 Triliun

“Besok, Selasa (14/6/2022) kami akan melakukan pemberian vaksin perdana. Total pengadaan vaksin yang akan dilakukan sebanyak 3 juta dosis. Pada tahap awal bakal didatangkan 800 ribu dosis. Vaksin secara bertahap akan disuntikkan di beberapa daerah yang rawan tertular PMK,” terangnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO