Kasus COVID-19 di RI Naik Jadi 500-an Per Hari, Ini Penyebabnya

JagatBisnis.com – Berdasarkan data terbaru, terhitung dari 7 Juni 2022 hingga 9 Juni 2022 jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Indonesia kembali naik menjadi 500-an kasus. Sebelumnya kenaikan kasus di Indonesia sempat stabil berkisar di 300 kasus terkonfirmasi.

Menanggapi kondisi ini jubir Kemenkes Muhammad Syahril menyebut ada banyak penyebabnya.

“Nah kalau kemarin meningkat itu banyak faktor ya yang menyebabkan,” ucap Syahril pada Jumat (10/6).

Baca Juga :   Pandemi Covid-19 Masih Jauh dari Kata Selesai

Kemungkinan pertama yang menjadi penyebab kenaikan ini adalah masyarakat yang tidak disiplin dalam menggunakan masker dan mematuhi protokol kesehatan.

“Bisa jadi memang penularannya itu masih terjadi di masyarakat kemungkinan karena ada ketidakdisiplinan memakai masker atau prokes,” ucap Syahril.

Faktor selanjutnya juga tidak terlepas dari kekebalan tubuh yang menurut akibat belum melakukan vaksinasi booster. Syahril juga menyebutkan kemungkinan penyebab kasus meningkat adalah adanya subvarian virus baru.

Baca Juga :   Pasien Covid-19 Turun Jadi Kado Kemerdekaan

“Ada kemungkinan ada subvarian dulu. Masih ingat nggak dulu varian Delta turun bulan September-Oktober-November, tapi begitu sudah desember kan ada omicron, itu kan naik lagi kasusnya,” terang Syahril.

Kendati demikian, Syahril menyebut bahwa kenaikan masih di bawah standar. Ia juga mengingatkan apa pun penyebab dari kenaikan kasus COVID-19 tiga hari terakhir ini tetap membuat masyarakat waspada dan mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga :   Cuma Rp10 Ribu Semalam, Nakes Bisa Menginap di Dafam Hotel

“Nah jadi faktor faktor ini yang kemungkinan menyebabkan kenaikan. Tapi kenaikan ini masih di bawah standar yang ada. Tapi tetap kita harus waspada,” pungkas Syahril. (pia)

MIXADVERT JASAPRO