Imbas Gempa, 1 Unit Masjid di Dusun Salunangka Rusak Berat

JagatBisnis.com – Pascagempa 5,8 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), pada Rabu (8/6/2022) siang, beberapa rumah warga serta tempat ibadah mengalami kerusakan.

Salah satu wilayah yang terdampak gempa yakni di Dusun Salunangka, Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro. Di dusun ini dilaporkan belasan rumah warga serta 1 unit masjid mengalami kerusakan imbas guncangan gempa 5,8 magnitudo.

Bisman, warga setempat mengatakan masjid di wilayahnya rusak berat imbas gempa. Kendati demikian, masjid tersebut masih digunakan warga untuk berjemaah, termasuk salat Jumat.

“Karena belum ada masjid darurat, jadi kami bersama warga terpaksa salat di reruntuhan masjid,” kata dia kepada SulbarKini, Sabtu (11/6/2022).

Bisman berharap adanya bantuan dari pemerintah maupun relawan untuk membangun masjid darurat atau masjid sementara di daerah tersebut.

“Kami berharap kiranya ada dari relawan atau dari pemerintah bisa membangun masjid sementara,” harap dia.

Kepala BPBD Mamuju, Muhammad Taslim Sukirno, mengatakan, hingga saat ini pihaknya mendata 70 unit rumah, 1 unit masjid, 1 gedung sekolah, dan 1 unit Pustu mengalami kerusakan imbas gempa 5,8 magnitudo.

Beberapa warga memilih tinggal di tenda pengungsian karena kondisi rumah mereka yang rusak, mulai dari rusak ringan, sedang, hingga rusak berat.

“Sudah ada bantuan berupa kebutuhan pokok yang diserahkan langsung oleh Bupati (Mamuju),” tandasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO