Calon Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Ditunda Keberangkatannya karena Terpapar Covid-19

JagatBisnis.com – Memasuki hari kedelapan operasional penyelenggaraan ibadah haji Embarkasi Surabaya, PPIH telah memberangkatkan 9 kelompok terbang (kloter) menuju Madinah. Dini hari ini, Jumat (10/6), pukul 03.25 WIB, kloter 8 yang merupakan gabungan jemaah dari Kabupaten Trenggalek, Kediri, Surabaya, dan Sidoarjo telah diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya. Selang 2 jam 15 menit berikutnya, kloter 9 asal Kabupaten Tulungagung dan Kota Surabaya pun bertolak menuju Arab Saudi.

Baca Juga :   Kasus COVID-19 Bertambah 8.435 Orang

Hingga kloter ke-9, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram menjelaskan pemberangkatan jemaah haji berjalan lancar sesuai dengan jadwal yang ada.

Dari seluruh jemaah haji yang telah memasuki Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES), terdapat 2 jemaah yang masih harus mendapatkan perawatan intensif di RS Haji Surabaya.

“Ada 2 orang yang masih dirawat di RS Haji, 1 jemaah kloter 2 asal Bojonegoro, dan 1 lagi kloter 8 dari Kota Kediri,” tutur Maram, Jumat (10/6).

Baca Juga :   Angka Kematian Anak karena COVID-19 di Indonesia Tertinggi Dunia

Adapun 3 jemaah haji yang terkonfirmasi positif COVID-19 asal Kabupaten Pacitan dan Tulungagung, saat ini masih berada di daerah asal masing-masing hingga didapatkan hasil PCR negatif.

“Jadi saat ini masih ada 3 jemaah yang tunda berangkatnya karena hasil PCR positif tanpa gejala. 2 dari Pacitan, 1 lagi dari Tulungagung,” jelas pria yang juga Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur ini.

Adapun pagi hari ini, Jumat (10/6) pukul 07.00 WIB dan 08.00 WIB, berturut-turut dua kloter yang masuk AHES, yakni kloter 10 dan 11.

Baca Juga :   Kota Bogor Darurat COVID-19

“Kloter 10 berasal dari Nganjuk, Malang dan Surabaya. Kloter 11 asal Kabupaten Kediri masuk asrama haji pagi hari ini,” tambahnya.

Adapun 2 orang asal Lamongan yang sempat tertunda keberangkatannya karena visa, dini hari tadi sudah diterbangkan ke Arab Saudi bersama dengan kloter 8. (pia)

MIXADVERT JASAPRO