Ekbis  

Peran UMKM ke PDB

JagatBisnis.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terkena dampak yang sangat mengerikan ketika awal Pandemi Covid 19 melanda Indonesia pada periode 2020.

Efek nya tingkat Perekonomian di Indonesia pun sempat melemah beberapa waktu lalu. Namun pelan pelan tapi pasti pertumbuhan nya pun mulai tampak, khususnya di Sektor UMKM.

Seperti yang kita ketahui Sektor Bisnis UMKM punya andil besar bagi Pemulihan Ekonomi. Hal tersebut di buktikan dengan data dari Kementrian Koperasi dan UKM.

Baca Juga :   Ada Wisata Balon Udara ala Cappadocia di Subang

Total mereka berhasil sumbangkan angka 97% dalam penyerapan Sumber Tenaga Kerja dan bisa berinvestasi sebesar 60,4%.

Tentu itu adalah angka yang bukan sedikit dan menjadi hal yang harus di apresiasi.

Wirawan Panoedjoe Soebagyo, S.M selaku Direktur Executive Masyarakat Mandiri 21 pun berikan Apresiasi atas raihan sektor UMKM tersebut.

Baca Juga :   Kolaboraksi Untuk Negeri Menguatkan Empowerment UKM dan Menumbuhkan Ekonomi Indonesia

“Dampak yang di berikan Teman teman kita di sektor UMKM ini adalah jalan keluar bagi kita (Indonesia) dalam rangka agenda Pemulihan Ekonomi Indonesia. Total mereka memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap PDB (Produk Domestik Bruto). Ada sekitar 60% total mereka hasilkan untuk PDB”.

Yang saya lihat Peran mereka sendiri (UMKM) bisa menjadi salah satu tulang pungunh bagi Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Tinggal bagaimana mereka bisa memaksimalkan kesempatan ini. Kreatifitas dan Kualitas yang sejauh ini mereka selalu tunjukan pun adalah bagian dari cara mereka untuk bisa bertahan dan itu berhasil dan patut diberikan apresiasi.

Baca Juga :   UMKM Exhibition & Golf Tournament – “UMKM Naik Kelas"

“Tinggal bagaimana dalam hal ini Lembaga atau Pemerintah terkait bisa membukakan Ruang agar mereka bisa meningkatkan peran mereka ke depan” tutup nya.(bam)

MIXADVERT JASAPRO