Ekbis  

Lewat Upaya Ini, Bea Cukai Optimalkan Pelayanan ke Masyarakat

JagatBisnis.com –  Bea Cukai terus berupaya memberikan pelayanan serta pengawasan kepabeanan dan cukai yang optimal kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan salah satunya melalui kerja sama yang dilakukan Bea Cukai bersama berbagai lembaga lain di daerah melalui kunjungan kerja.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Hatta Wardhana mengatakan bahwa pada awal Bulan Juni 2022 ini, pihaknya telah melakukan kunjungan ke beberapa instasni untuk meningkatkan sinergi.

Hatta menyampaikan bahwa pada Jumat (03/06), Bea Cukai Kediri mendapatkan kunjungan kerja dari Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Kantor Pusat Jakarta. Tujuan kunjungan ini dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan kebijakan cukai hasi tembakau (CHT) serta penyusunan roadmap industri hasil tembakau (IHT).

Baca Juga :   Gali Potensi Ekspor di Daerah, Bea Cukai Tingkatkan Sinergi dengan KADIN

“Kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan informasi mendalam tentang dampak kenaikan tarif cukai hasil tembakau terhadap penerimaan negara, tentu juga pengaruhnya terhadap peredaran rokok ilegal. Selain itu juga dibahas terkait dampak keberlangsungan industri dari sektor tenaga kerja, produksi HT dan petani tembakau.”

Di wilayah Jabar, Bea Cukai Cikarang menerima kunjungan site visit dari Tim Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Pencegahan Korupsi Polri (02/06). Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui proses bisnis pemeriksaan barang di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Cikarang Dry Port. Selain itu juga dilakukan kunjungan lapangan untuk melihat langsung proses bisnis yang ada di TPS Cikarang Dry Port.

Baca Juga :   Sadari Lebih Dini, Segera Laporkan Indikasi Penipuan Mengatasnamakan Bea Cukai

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program perbaikan tata kelola impor dan ekspor dalam rangka pencegahan korupsi sekaligus dukungan terhadap berjalannya Program Reformasi Bea Cukai menuju Bea Cukai yang semakin baik,” ujar Hatta.

Sebelumnya, Bea Cukai Ambon menerima kunjungan kerja dari Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ambon. Kunjungan kerja tersebut merupakan bentuk implementasi nilai sinergi Kementerian Keuangan. Dengan adanya pertemuan ini diharapkan KPPN dan Bea Cukai dapat berkontribusi lebih kepada perekonomian Maluku.

Baca Juga :   Bea Cukai Fasilitasi Ekspor Satu Juta Liter Reduktan Herbisida

Selain itu, Bea Cukai Ambon juga kedatangan Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Ambon, Muhammad Adam. Kunjungan bertujuan untuk mempererat hubungan dan kerja sama Bea Cukai Ambon dengan Kantor Pos Indonesia Cabang Ambon dalam pengawasan kegitan pengiriman barang.

“Semoga berbagai sinergi positif ini dapat meningkatkan hubungan baik antara Bea Cukai dengan berbagai instansi lain. Tentu dengan tujuan untuk memberikan berbagai pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” pungkas Hatta.(srv)

MIXADVERT JASAPRO