Beli Pertalite Pakai Aplikasi, Apa Boleh Main Ponsel di SPBU?

JagatBisnis.com-Pelanggan yang hendak membeli bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi seperti Solar dan Pertalite akan diarahkan untuk menggunakan aplikasi MyPertamina. Tapi, apakah boleh menggunakan ponsel di SPBU? Untuk membeli BBM bersubsidi, sebenarnya telah ditentukan lokasi khusus untuk penggunaan aplikasi MyPertamina.

Pejabat sementara (Pjs) Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pihaknya sudah memastikan lokasi akses ponsel untuk menggunakan aplikasi itu bakal berjauhan dari nozzle SPBU. Pengaturan tempat untuk akses ponsel itu bertujuan untuk menjaga keamanan dari upaya penerapan verifikasi pembelian pertalite dan solar di SPBU mendatang.

“Untuk waktu pelaksanaan, kami masih menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM). Nantinya revisi itu bakal memuat petunjuk teknis terkait dengan kriteria konsumen dan sistem verifikasi untuk dapat mengakses BBM bersubsidi tersebut,” katanya, Minggu (5/6/2022).

Baca Juga :   Diperkirakan Hanya 25 Persen Pengguna Pertamax Migrasi ke Pertalite

Dia berharap, revisi Perpres itu dapat diimplementasikan di lapangan. Sehingga upaya pembatasan pembelian BBM bersubsidi tidak menimbulkan perdebatan di tengah masyarakat antara konsumen dan operator SPBU. Karena penggunaan aplikasi sudah bisa dilakukan di SPBU, saat ini selain pembayaran menggunakan cash atau kartu, di sebagian besar SPBU bisa juga menggunakan aplikasi.

Baca Juga :   Tak Jadi Naik Pekan Depan, Kenaikan Harga BBM Subsidi Masih Terus Dikaji

“Langkah itu diambil untuk mengoptimalkan serapan alokasi tambahan subsidi energi yang sudah dinaikkan menjadi Rp350 triliun pada rencana perubahan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2022. Apalagi, skema subsidi terbuka lebih banyak tidak tepat sasaran yang dinikmati oleh masyarakat kalangan menengah ke atas,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO