Peringati Hari Lahir Pancasila, Kemendagri Apresiasi Pemprov Jawa Barat

JagatBisnis.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) menyelengarakan Awarding Pemenang Lomba Bangkit Fest 2022 di Bandung, Rabu (1/6/2022). Acara tersebut sebagai rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila ke-77 yang jatuh pada Rabu (1/6/2022). Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengenang dan melestarikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar mengungkapkan, pihaknya berharap, kegiatan seperti ini dapat mengingatkan masyarakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia di berbagai aspek kehidupan.

“Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila memiliki banyak fungsi dan kedudukan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia. Ketika Pancasila dapat benar-benar difungsikan sebagaimana fungsi dan kedudukannya, negara akan menjadi aman dan nyaman,” tegas Bahtiar.

Baca Juga :   Investasi Sawit di Daerah Harus Bermanfaat untuk Rakyat

Menurut dia, salah satu langkah yang dapat dilakukan agar Peringatan Hari Lahir Pancasila dapat dimaknai secara khusus adalah dengan memeriahkan dan menyemarakkan hari peringatannya. Hal itu dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan yang meningkatkan semangat persaingan yang sehat seperti “Bangkit Fest 2022” yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini.

Baca Juga :   Kemendagri: Pemilu 2024 Adalah Kontestasi Megapolitik

“Melalui ini diharapkan para generasi muda dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Selain itu, kegiatan ini juga diadakan untuk menguatkan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila. Sehingga generasi muda Indonesia dapat bangkit bersatu, bekerja sama, dan berinovasi untuk Negara Indonesia serta tidak mudah terprovokasi,” tutup Bahtiar. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO