Tim KNKT Menyelidiki Pesawat Tergelincir di Bandara Ngurah Rai

JagatBisnis.com –  Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menginvestigasi insiden terperosoknya pesawat Wings Air di Bandara Ngurah Rai, Rabu (1/6/2022). Penyelidikan insiden mulai dilakukan sekitar pukul 11.00 Wita. Hingga kini investigasi masih berlangsung.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan menjelaskan, Tim KNKT dengan teliti memeriksa bagian roda pesawat bagian depan yang sempat terperosok ke dalam parit di apron terminal domestik. Selain itu, pemeriksaan juga dilakukan dari landasan hingga menuju area parkir hingga ke parit belas lokasi kejadian.

“Dengan penelitian ini, kami berharap dapat diketahui kronologi dan penyebab roda pesawat terperosok,” katanya, Rabu (6/5/2022)

Baca Juga :   KNKT: Penyebab Sriwijaya Air SJ 182 Jatuh Karena Sistem Otomatis Kemudi Tak Berfungsi

Dia menjelaskan, mengenai kronologi, pesawat Wings Air IW 1963 mendarat pukul 14.21 Wita. Pesawat ATR 72-500 itu datang dari Lombok. Setelah tiba di landasan, pesawat kemudian diperintahkah oleh petugas air traffic controller untuk parkir di A41 melalui taxiway NW7.

Baca Juga :   Penerbangan Internasional Dibuka, Tetap Butuh Proses Datangkan Wisman

“Dalam proses menuju parkir, pesawat melintas di saluran air tertutup dimana tidak didesain untuk dilalui pesawat. Sehingga roda pesawat masuk atau terjerambak di saluran air,” ungkapnya.

Baca Juga :   Kunjungan Turis ke Bali Meningkat, 10 Penerbangan Internasional Akan Dibuka Lagi

Handy menambahkan, saat proses evakuasi pesawat berlangsung,
sempat dilakukan sterilisasi di area apron 37-40. Untuk operasional tidak terdampak. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO