Ini Harapan Megawati di Hari Lahir Pancasila

Megawati Soekarnoputri

JagatBisnis.com – Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menyampaikan pidato singkat melalui rekaman video saat peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh hari ini, Rabu (1/6). Megawati mengatakan, Pancasila merupakan dasar negara.

Menurut dia, Pancasila merupakan kesepakatan para pendiri bangsa yang harus menjadi roh pada setiap sendi kehidupan anak bangsa saat ini dan masa mendatang.

“Nilai luhur dalam Pancasila adalah berasal dari nilai luhur nenek moyang kita yang mencerminkan nilai agung sebagai pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Megawati dalam rekaman video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga :   Soal Banjir Rob di Semarang, Ini Pesan Megawati ke Ganjar

Megawati mengatakan, Pancasila yang dirumuskan pada sidang pertama BPUPK tidak lepas dari dialog pendiri bangsa yang berasal dari berbagai latar belakang, golongan, agama, suku, dan budaya. Dengan semangat yang sama agar Indonesia bisa merdeka, berdaulat, adil, dan makmur, para pendiri bangsa merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Baca Juga :   BRIN Renovasi Ruang Kerja Megawati Cs Rp6 Miliar

“Semangat pendiri bangsa ini harus tetap kita tanamkan sampai kapan pun dengan semangat gotong royong, dijiwai semangat persatuan demi bangsa dan negara sudah semestinya kita pedomani. Hal ini adalah bukti kita cinta NKRI, sebagai bukti kita bertindak sesuai Pancasila. Karena dengan bersatu kita pasti mampu untuk menuju Indonesia Raya,” ujarnya.

Terakhir, di momentum Hari Lahir Pancasila, Megawati mengajak seluruh pihak bangkit bersama membangun peradaban dunia. Khususnya, terus berupaya agar Indonesia cepat pulih dari pandemi COVID-19.

Baca Juga :   Maknai Hari Lahir Pancasila, Unilever Indonesia Ajak Generasi Muda Wujudkan Toleransi

“Dalam momentum Hari Lahir Pancasila tahun ini, kita pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dari pandemi COVID-19. Mari kita bangkit bersama membangun peradaban dunia. Salam Pancasila,” pungkasnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini digelar di Ende, NTT. Presiden Jokowi memimpin langsung upacara peringatan Hari Lahir Pancasila. Megawati tidak hadir dalam upacara tersebut.(pia)

MIXADVERT JASAPRO