Heboh, Ikan Kerapu Berukuran Jumbo Ditemukan di Buton

JagatBisnis.com – Seekor ikan kerapu besar menghebohkan warga di Desa Wasuemba, Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa (31/6).

Penemuan ikan berukuran jumbo itu viral di media sosial. Warganet pun dibuat penasaran dengan ikan itu. Penemuan ikan berukuran jumbo itu dibenarkan langsung oleh Bhabinkamtibmas Polsek Wabula, Bripka La Sahari.

“Iya pak, itu ikan kerapu ditangkap nelayan dari Pasarwajo sama temannya orang di Desa Wasuemba kemarin siang,” kata Sahari saat dihubungi.

Sahari mengaku tidak mengetahui persis bagaimana ikan itu ditangkap nelayan. Ia hanya mengetahui ikan kerapu besar ditangkap menggunakan panah ikan oleh nelayan. Kemudian dibawa ke pinggir pantai dan menjadi tontonan warga sekitar.

Sahari mengungkapkan kedua nelayan yang menangkap bernama Haris dan Syarif. Keduanya ketika itu pergi melaut mencari ikan dengan menggunakan panah. Ikannya pun sudah di jual di Kecamatan Pasarwajo, Buton.

“Sudah dijual itu ikan, kalau tidak salah harganya Rp2 juta lebih, pokoknya beratnya itu ikan kurang lebih 143 kilogram,” ungkapnya.

Namun sebelum dijual, ikan kerapu besar lebih dulu menjadi obyek foto oleh warga setempat karena ukurannya yang besar.

Dalam video yang beredar itu, ikan dengan didominasi warna cokelat digantung di pohon. Wargapun ramai-ramai memvideokannya lalu membagikan ke media sosial.

“Rame warga yang datang lihat itu ikan,” ungkapnya.

Nelayan yang berhasil menangkap ikan besar itu, Haris membenarkan kejadian yang menghebohkan itu. Ia mengaku ikan tersebut ditangkap menggunakan panah tradisional di perairan desa setempat.

Haris mengatakan ikan ditangkap itu ketika ia bersama rekannya tengah membuat video menangkap ikan di tempat itu dengan cara memanah.

“Temanku kan dia punya Channel Youtube, dia mau bikin video makanya kita turun cari ikan,” ungkap Haris.

Namun disela membuat video, ikan kerapu ditemukan berada tidak jauh darinya. Posisi ikan tersebut berada dipermukaan sedang mencari makanan. Sedangkan posisi Haris berada di dasar laut.

Saat mau naik ke permukaan, Haris mendapati ikan tersebut hendak ke dasar. Ia pun langsung mengarahkan mata panahnya ke ikan kerapu dan berhasil menangkapnya.

“Itu ikan memang posisinya ada diatasku, saya posisi kan di bawah di dasar karang. Ketika saya mau naik, saya ketemu itu ikan,” ujarnya.

Usai menangkap, ikan kerapu besar dibawa ke pinggir pantai dan dijual ke perusahaan penjualan ikan di Kecamatan Pasarwajo, Buton. (pia)

MIXADVERT JASAPRO