BRI Manfaatkan APIs, Genjot Digitalisasi Usaha Mikro

JagatBisnis.com –  Percepatan konsolidasi data setelah membentuk Holding Ultra Mikro (UMi), Bank BRI memanfaatkan Application Programming Interfaces (APIs) untuk aplikasi cross-selling Senyum Mobil. Aplikasi tersebut telah digunakan oleh 63 ribu tenaga pemasar holding UMi, seperti BRI, Pegadaian dan PNM.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari menjelaskan aplikasi bersama ini diharapkan dapat mengintegrasikan bisnis yang berkelanjutan. Sehingga pelaku usaha segmen ultra mikro dapat terlayani dengan baik, seiring dengan naik kelasnya bisnis para pelaku usaha mikro.

“Hari ini model bisnis segmen mikro sudah berubah dan semakin dinamis. Hal ini sebagai upaya dalam rangka memitigasi potensi risiko strategis. Sehingga mampu mengantisipasi perubahan lingkungan bisnis di masa depan,” kata Supari dalam keterangan tertulis, Senin (30/5/2022).

Baca Juga :   BRI Sukseskan Penjualan SR017 hingga ke Jayapura

Menurut Supari, penggunaan teknologi dalam mendukung percepatan bisnis juga perlu disertai dengan restrukturisasi bisnis proses dan bisnis model. Sebab hal ini dapat menyempurnakan penerapan dari teknologi itu sendiri. Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi nasional melalui percepatan proses layanan pinjaman kepada pelaku usaha mikro, pihaknya juga melakukan business process reengineering dengan aplikasi BRISPOT.

Baca Juga :   Program Klaster BRI Bantu UMKM Hadapi Tantangan Ekonomi

“Hingga saat ini, transformasi digital tersebut telah mampu menyalurkan kredit mikro kepada lebih dari 39 ribu pelaku usaha mikro dengan rata-rata nilai kredit sebesar Rp1,5 triliun per hari. Sebagai market leader di segmen mikro, BRI akan selalu di depan perubahan dengan melakukan inovasi untuk memastikan pertumbuhan yang sustain dan bermanfaat bagi masyarakat pelaku usaha mikro dan ultra mikro,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO