PLN Hadirkan ALMA di Pelabuhan Balong Sabang

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) membangun Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) dengan daya 23.000 VA untuk mendukung pelaku usaha di Pelabuhan Balohan Sabang, Aceh. Keberadaan ALMA akan memenuhi kebutuhan penerangan kapal, mini cold storage, air conditoiner, serta kebutuhan tenaga listrik lainnya saat kapal sandar di dermaga. Karena sebelumnya, kapal-kapal di Pelabuhan Balohan Sabang masih menggunakan tenaga diesel sebagai sumber energi.

Baca Juga :   PLN Percepat Pembangunan Proyek Tol Listrik Sumatera

General Manager PLN UIW Aceh Parulian Noviandri mengatakan, implementasi ALMA menjadi inovasi dalam bidang Electrifying Marine yang merupakan wujud dari transformasi pilar Customer Focus dan Innovative, guna meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau dan andal. Diharapkan, dengan hadirnya ALMA di pelabuhan tentu dapat mendukung efisiensi biaya operasional kapal ikan maupun kapal pariwisata yang bersandar. Sehingga dapat berimplikasi pada peningkatan roda ekonomi masyarakat.

“Dengan hadirnya ALMA, penggunaan captive power bisa dikecilkan dari sisi pelanggan. Diharapkan, implementasi ATM listrik ini dapat benar-benar mendukung peningkatan ekonomi di sektor kemaritiman. Untuk itu ALMA hadir bagi kapal yang sedang bersandar untuk mengubah pola pemakaian berbasis mesin BBM menjadi berbasis listrik,” ujar Noviandri, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga :   PLN Uji Coba Bonggol Jagung Jadi Bahan Bakar PLTU Sumbawa Barat

Sementara itu, General Manager ASDP Agus Djoko Triyanto mengucapkan, terimakasih kepada PLN atas terealisasinya pemasangan ALMA di Pelabuhan Balohan Sabang. Karena kehadiran ALMA dapat meningkatkan efisiensi.

Baca Juga :   PLN UID Jakarta Raya Dukung Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik

“Dilihat dari aspek operasional, ALMA dapat meningkatkan efisiensi dari sisi lifetime suku cadang serta penggantian oli mesin yang lebih panjang dikarenakan tidak perlu menyalakan mesin saat kapal bersandar,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO