Festival Pesona Tambora Kembali Digelar

JagatBisnis.com-Pemerintah Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat akan kembali menggelar Festival Tambora pada 27-29 Mei mendatang. Festival yang dilaksanakan dalam rangka memperingati 207 tahun meletusnya Gunung Tambora pada 1815 itu. Salah satunya diisi dengan Teka Tambora. Dalam bahasa Bima, Teka berarti naik atau mendaki. Maka, kegiatan Teka Tambora merupakan kegiatan rally wisata atau mendaki hingga puncak Gunung Tambora dengan kendaraan offroad.

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat Yusron Hadi mengungkapkan, rombongan peserta Trabas dan Offroad Tambora telah dilepas pada Sabtu (28/5/2022). Rombongan akan tiba di puncak dan melakukan pengibaran bendera Merah Putih raksasa, pada Minggu (29/5/2022). Untuk itu, pihaknya bersyukur Teka Tambora kembali bisa digelar setelah vakum selama dua tahun akibat adanya pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini dapat menjadi penanda pulih dan bangkitnya kembali pariwisata di Kabupaten Bima dan Dompu. Sebab, banyak pelaku wisata dan ekonomi kreatif yang terlibat dalam kegiatan itu. Maka, kami berharao, ke depan Festival Pesona Tambora bisa seperti event MotoGP Mandalika dan MXGP bisa menjadi event berskala internasional yang dapat menyedot perhatian publik internasional,” katanya, Minggu (29/5/2022).

Baca Juga :   Tanah di NTB Mengandung 2 Miliar Ton Tembaga-Emas Onto

Dia menjelaskan, setelah Teka Tambora, rangkaian Festival Pesona Tambora diisi berbagai kegiatan lain seperti educamp, aksi sadar wisata, workshop, pentas seni, pameran fotografi, pameran ekraf, pelatihan ekraf dan pemutaran film. Festival ini digelar juga untuk mengingatkan generasi muda tentang Gunung Tambora yang punya sejarah mendunia.

Baca Juga :   Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Hampir Selesai

“Sejak pertama kali di selenggarakan di tahun 2015, festival yang semula bernama “Tambora Menyapa Dunia” ini memang sudah memiliki daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi masyarakat sekitar tapi juga wisatawan. Selain memberikan edukasi mengenai sejarah erupsi dahsyat nya yang terjadi di Gunung Tambora, acara ini juga memamerkarn pentas seni dan budaya,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO