Dijadikan Ritual Aliran Sesat, Makam Palsu di Lebak Dibongkar

Ilustrasi makam

JagatBisnis.com –  Sebuah makam di Kampung Leuwibadak, Desa Curugbadak, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak, Banten, dibongkar petugas gabungan dari Satpol PP dan Polsek Maja.

Makam bertuliskan ‘Makam Keramat Ki Uyut Gedeg’ itu dibongkar lantaran diduga kerap dijadikan tempat untuk ritual penganut aliran sesat.

Informasi yang dihimpun, warga merasa resah karena makam tersebut kerap digunakan oleh sekelompok orang melakukan ritual yang diduga sesat.

“Ya kemari kita bongkar makamnya, karena ada laporan dari warga yang merasa resah,” ungkap Kepala Desa Curugbadak, Agus Supandi, Jumat (27/5).

Menurut Agus, makam tersebut merupakan buatan sekelompok orang. Karena selama ini, di wilayah tempat pemakaman umum (TPU) tersebut tidak ada makam ‘Ki Buyut Gedeg’.

“Selama ini tidak ada makam keramat di TPU. Di sana mah khusus pemakaman umum saja. Nah kalau kapan adanya di sana, saya kurang hafal cuma ada warga yang laporan ke kami,” katanya.

Agus mengimbau warga untuk tidak melakukan perbuatan yang dapat merugikan orang banyak. Ketika menemukan aktivitas mencurigakan, dia meminta warga untuk segera melapor ke pihak yang berwenang.

“Semoga kita tidak terpancing oleh ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab, apabila ditemukan dugaan aliran sesat segera lapor ke aparat,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO