Inovasi BRI Dukung Pembiayaan Berkelanjutan

JagatBisnis.com –  PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menekankan pentingnya pedoman dengan kriteria lingkungan, masyarakat luas, dan transaparansi (ESG) dalam operasional bisnisnya. Karena ESG memiliki peranan penting untuk mendukung keberlanjutan atau sustainibility kehidupan manusia, serta mendorong tingkat kemakmuran.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pihaknya melihat pelaku usaha pada segmen UMKM sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena UMKM memegang peranan penting dalam penerapan prinsip-prinsip ESG ke depan. Sehingga menjadi krusial untuk memberikan edukasi dalam meningkatkan awareness dari para pelaku usaha UMKM akan pentingnya keberlanjutan usaha
melalui penerapan prinsip-prinsip ESG.

Demikian disampaikan oleh Sunarso dalam gelaran World Economic Forum (WEF) tahun 2022 yang diselenggarakan di Davos, Swiss, seperti dalam keterangan tertulis, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga :   Jelang Nataru, BRI Siapkan Dana Rp30,4 Triliun

Dia menjelaskan, ESG di gelaran WEF juga menekankan pentingnya inklusi keuangan yang melibatkan kontribusi dari banyak pelaku usaha, yang menjadi penting untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan kesejahteraan. Oleh karenanya, pihaknya terus melakukan inovasi untuk memastikan masyarakat memiliki peluang yang sama untuk mengakses layanan keuangan yang lengkap serta berorientasi berkelanjutan

Baca Juga :   BRI Dukung Industri Kopi Indonesia Go Internasional

“Inovasi pertama ialah, layanan branchless banking yang dilakukan agen bank melalui channel digital, yakni BRILink Agent. Penggunaan kombinasi layanan fisik dan digital atau hybrid channel itu secara tidak langsung memberikan edukasi awal tentang kemudahan dan keamanan layanan keuangan secara digital kepada nasabah,” terangnya.

Menurut dia, pihaknya juga melakukan pengembangan peran digital advisor untuk dapat memberikan edukasi kepada nasabah mengenai produk keuangan digital. Selain itu, pihaknya melakukan pengembangan ekosistem bisnis secara digital. Sehingga transaksi keuangan harian nasabah terus-menerus dilakukan secara digital, sehingga menciptakan kebutuhan nasabah akan layanan keuangan digital.

Baca Juga :   Pekerja BRI Terima Penghargaan Internasonal

“Ke depannya, kami secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip ESG serta berkotntribusi aktif dalam pencapaian inklusi keuangan di Indonesia dan akan semakin memastikan keberlanjutan bisnsi BRI ke depan,” pungkas Sunarso. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO