Jalur Evakuasi Merapi Rusak akibat Didominasi Truk

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

JagatBisnis.com – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek peningkatan Jalan Tegalmulyo-Surowono dan ruas Surowono-Jatirajeg, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah Senin (23/5/2022). Ia melihat aktivitas penambangan dan lalu lintas truk over dimension dan overload yang melintas di jalur tersebut jadi faktor rusaknya jalan.

Untuk itu, Ganjar akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengontrol lalu lintas truk. Selain itu juga untuk mengatur aktivitas penambangan galian C.

“Jadi angkutan pasirnya ternyata banyak yang ODOL. Jadi kita minta bantuan dari kepolisian untuk ngecek galian-galian C apalagi yang ilegal karena itu betul-betul merusak,” ujarnya.

Baca Juga :   Ganjar Disarankan Rebut Tiket Capres dari PDIP

Selain merusak jalan, kata Ganjar, juga merusak lingkungan. Apalagi jalan tersebut merupakan jalur evakuasi Merapi.

Baca Juga :   Singgung Ganjar, PDIP: Pemilu Masih Jauh

“Kalau ini tidak dikontrol maka bencana di sekitar lereng Merapi yang ada di Klaten ini cukup bahaya. Ini kita minta karena itu kewenangan di ranah penegak hukum,” tegas Ganjar.

Sebagai informasi, Pemprov mengalokasikan Bantuan Keuangan tahun anggaran 2020 untuk ruas Tegalmuyo- Surowono sebesar Rp 14 miliar dan untuk ruas Surowono-Jatirajeg sebesar Rp 16 miliar.

Baca Juga :   Ini Alasan Ganjar Kenapa Desa Wadas Dijadikan Tambang Andesit

Bankeu untuk peningkatan jalan juga diberikan Ganjar di Kota Semarang tepatnya di ruas Palir-Kaliancar dengan betonisasi senilai Rp 13 miliar. Selain itu juga untuk peningkatan jembatan Kali Tangsi dan Kali Senowo di Magelang. (pia)

MIXADVERT JASAPRO