E-Toll Pakai MLFF, Mempengaruhi Kinerja BRIZZl

JagatBisnis.com-Sistem pembayaran tol tanpa sentuh, multi lane free flow (MLFF) akan mulai diujicoba pada penghujung tahun ini. Sistem MLFF di ujicoba untuk menggantikan uang elektronik atau biasa dikenal e-toll sebagai alat pembayaran jalan tol. Rencananya pada 2023 sistem pembayaran nirsentuh pada gerbang tol akan mulai diterapkan secara penuh. Hal ini akan berdampak pada penyedia e-toll, seperti PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI.

Baca Juga :   Mitra Merchant di BRI Meningkat 25 Persen

Sekretaris Perusahaan BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan, wacana transisi tersebut akan berdampak cukup signifikan terhadap kinerja bisnis uang elektronik perusahaan, BRIZZI. Sebab jenis transaksi untuk pembayaran tol dan transportasi mendominasi total transaksi BRIZZI.

“Peralihan menuju MLFF tentu akan mempengaruhi kinerja BRIZZI, mengingat saat ini penggunaan di tol dan transportasi mendominasi pemakaian BRIZZI,” kata dia, seperti dikutip Minggu (22/5/2022).

Baca Juga :   Pecepat Layanan Digital Perbankan, BRI Gandeng PT Pegadaian Teken Kerja Sama Layanan Digital Saving

Dia mengungkapkan, tingginya porsi transaksi pembayaran tol dan moda transportasi turut mendongkrak kinerja bisnis BRIZZI. Pada kuartal I-2022, total transaksi uang elektronik itu mencapai Rp1 triliun. Untuk meminimalisir dampak peralihan sistem pembayaran jalan tol, pihaknya itu menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan volume dan nilai transaksi uang elektronik itu.

Baca Juga :   BRI Salurkan KUR ke 10,7 Juta UMKM, Target Serap 32,1 Juta Lapangan Kerja

“Strateginya dengan terus meningkatkan akseptasi BRIZZI dengan meningkatkan kerja sama merchant,” tegas Aestika. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO