Pentingnya Bayi Miliki Tidur yang Maksimal

JagatBisnis.com – Tidur berkualitas sangat penting untuk bayi. Hal tersebut bertujuan untuk tubuh dan fungsi organ agar anak berkembang optimal serta meningkatkan produksi hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan otak.

Bayi usia 0-3 bulan idealnya tidur 14-17 jam per hari, usia 4-12 bulan memerlukan 12-16 jam, batita 1-2 tahun memerlukan 11-14 jam, sedangkan usia 3-5 tahun 10-13 jam.

“Bayi atau batita dapat dikatakan cukup tidur jika tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah di pagi hari, dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya,” kata Bidan Novelita Damanik seperti yang dikutip dari siaran pers Makuku, Jakarta, Jumat, (20/5/2022).

Baca Juga :   Bahan Alami Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Masih menurutnya, tips untuk membantu bayi dan batita tidur nyenyak antara lain susui bayi hingga kenyang, gunakan pakaian yang lembut dan tidak ketat, suhu ruangan yang pas, serta redupkan cahaya di kamar.

Baca Juga :   Ini Bahayanya Terlalu Banyak Konsumsi Daging

“Kemudian, minimalisasi suara yang dapat mengganggu, atur posisi tidur bayi senyaman mungkin, dan pastikan bayi menggunakan popok dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap dengan baik agar mengurangi gelisah karena popok bocor atau risiko ruam,” tambahnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO