Wisata  

Akhir Mei 2022, Jepang Mulai Uji Coba Pembukaan Wisata

JagatBisnis.com –  Badan Pariwisata Jepang pada Selasa (17/5/2022) mengatakan akan memulai uji coba pembukaan pariwisata pada akhir Mei 2022. Pihaknya akan mengizinkan tur wisatawan asing dalam kelompok kecil masuk ke Jepang.

Tur tersebut terbuka hanya untuk turis dari Amerika Serikat, Australia, Thailand, dan Singapura. Para pelancong itu pun harus telah menerima vaksinasi tiga kali.

Tur tersebut akan diselenggarakan secara ketat bersama dengan agen perjalanan dan selalu ditemani oleh konduktor tur.

Baca Juga :   Pertengahan Oktober, Bali Akan Terima Turis Asing

Negeri Matahari Terbit menggunakan kesempatan tersebut untuk mengumpulkan informasi sebelum kembali membuka pariwisatanya di masa mendatang.

“Usaha ini akan memungkinkan kami untuk memverifikasi kepatuhan dan tanggapan darurat untuk pencegahan infeksi dan merumuskan pedoman untuk agen perjalanan dan operator akomodasi untuk diingat,” kata Badan Pariwisata Jepang, dikutip dari Reuters.

Pariwisata merupakan pilar utama ekonomi Jepang. Tetapi, turis belum diizinkan masuk sejak negara itu mengadopsi pembatasan perbatasan sejak awal pandemi COVID-19 muncul pada 2020.

Baca Juga :   Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia

Seiring melandainya kasus COVID-19, peraturan telah sedikit dilonggarkan untuk siswa dan beberapa pelancong bisnis. Kendati demikian, wisatawan individu tetap dilarang masuk.

Pemimpin industri berharap memulai kembali pariwisata dapat menguntungkan Yen. Mata uang tersebut telah merosot jatuh ke titik terendah dalam 20 tahun terakhir.

Baca Juga :   Wali Kota Jogja: Wisata Mulai Bangkit di Tengah Pandemi

Sebelum pandemi, Jepang menjadi tuan rumah bagi 31,9 juta pengunjung asing dan memanen keuntungan sebesar 4,81 triliun yen.

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida lantas mengatakan, ia akan membawa pembatasan perbatasan sejalan dengan negara demokrasi kaya lainnya pada Juni mendatang.

Namun, ia tidak merinci lebih lanjut kapan negara itu akan kembali membuka perbatasan secara keseluruhan untuk turis. (pia)

MIXADVERT JASAPRO