Ukraina Bersiap Hadapi Serangan Rusia di Donbass

JagatBisnis.com – Ukraina sedang mempersiapkan serangan Rusia di wilayah Donbass pada Senin (16/5) usai mengeklaim telah mencapai kemajuan di wilayah utara dengan merebut kembali Kota Kharkiv.

Donbass telah menjadi salah satu tujuan utama Rusia. Namun, Barat memprediksi, pergerakan menuju wilayah itu mengalami hambatan.

Penasihat Kepala Staf Presiden Ukraina, Oleksiy Arestovich, lalu melaporkan kabar terkini. Dia mengatakan, pasukan Rusia telah berpindah ke Donbass. Sebab, Kiev berhasil memukul mundur serangan Moskow di Kharkiv.

Baca Juga :   Jepang Waspada, Kapal China dan Rusia Berkeliaran di Selatan Tokyo

“Kami sedang mempersiapkan upaya baru oleh Rusia untuk menyerang di Donbas, entah bagaimana mengintensifkan gerakannya di selatan Ukraina,” jelas Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky, dikutip dari AFP, Senin (16/5).

Baca Juga :   Pekan Depan, Jokowi Akan Kunjungi Ukraina dan Rusia

“Rusia masih tidak mau mengakui bahwa mereka berada di jalan buntu dan apa yang disebut operasi khusus mereka sudah merosot,” lanjutnya.

Baca Juga :   Pekan Ini, Menlu Rusia akan Kunjungi Vietnam

Arestovich menerangkan, pasukan Rusia dikirim ke Luhansk. Mereka ditugaskan untuk merebut Severodonetsk. Bersama Donetsk, Luhansk merupakan bagian dari wilayah separatis Donbass.(pia)

MIXADVERT JASAPRO