Waspada! Hepatitis Akut Menyebar Lewat Udara dan Makanan

JagatBisnis.com –  Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan temuan baru yang menunjukan penularan penyakit hepatitis akut misterius dapat tersebar melalui udara dan makanan. Hal tersebut karena adanya dugaan yang dikuatkan dengan beberapa temuan Adenovirus pada pasien yang terkena penyakit tersebut.

“Kami menduga penularan dari pada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara karena ada kecurigaan dengan adanya virus adenovirus. Kemudian virus hepatitis sebagian besar menyebar menularkan melalui makanan fecal oral,” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, Senin (16/5/2022).

Oleh sebab itu, Nadia mengimbau agar masyarakat selalu memastikan asupan yang dikonsumsi dalam kondisi yang higienis dan memperhatikan kebersihan tangan. Tidak hanya itu, untuk mencegah penularannya, masyarakat juga perlu untuk memperketat protokol kesehatan. Salah satunya untuk selalu menggunakan masker. Apalagi, kondisi Covid-19 di Indonesia belum hilang 100 persen.

Baca Juga :   Kemenkes dan KSP Bantah Dinkes Bekasi Soal 4 Warga DKI Terinfeksi Varian Omicron

“Tentunya menerapkan kebersihan dan sanitasi personal dan cuci tangan menggunakan alat makan yang terpisah itu yang harus dipastikan orang tua terhadap anak-anaknya. Selain itu, menggunakan masker juga tetap penting sebagaimana kita tahu pandemi Covid-19 belum berakhir,” tutup Nadia. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO