Kecelakaan Mudik pada 2022 Menurun 11 Persen

JagatBisnis.com – Animo masyarakat untuk mudik pada tahun ini begitu tinggi. Sebab sudah 2 tahun pemerintah melarang mudik karena pandemi.

Meski mobilitas mudik tinggi, namun angka kecelakaan lalu lintas rendah.
Dalam keterangannya Jasa Raharja mengungkap berdasarkan data Korlantas Polri selama periode 18 April hingga 9 Mei 2022 angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 3.457 kasus. Jumlah ini turun 11% dibandingkan saat periode mudik 2019.

Dari jumlah tersebut tercatat ada 530 korban meninggal karena kecelakaan. Jumlah tersebut turun 40% dibanding periode mudik 2019.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono mengatakan pihaknya turut aktif dalam melayani pemudik. Layanan kepada korban kecelakaan dilakukan selama 16 hari yaitu dari tanggal 25 April hingga 10 Mei 2022.

Baca Juga :   Ini Penyebab Pengemudi Tabrak Pembatas Jalan

“Pada periode tersebut Jasa Raharja telah membayarkan santunan sebesar Rp 99,2 M naik 10,6% dari periode yang sama Tahun 2019. Santunan tersebut terdiri dari santunan untuk meninggal dunia Rp 73,3 M, naik 12% dan santunan untuk korban luka-luka sebesar Rp 25,9 M, naik 6,8% dibandingkan periode Lebaran Tahun 2019” jelas Rivan dalam keterangannya, Jumat (13/5).

Rivan mengatakan proses klaim juga tidak memakan waktu lama. Santunan bagi korban meninggal dunia diberikan rata-rata kurang dari 24 jam dari waktu kejadian.

Baca Juga :   Tembok Toko di Bekasi Dihantam Mobil, 1 Orang Tewas

“Kinerja kami dalam penyerahan santunan meninggal dunia kepada ahli waris korban pada periode tersebut rata-rata dapat diserahkan dalam waktu rata-rata kurang dari 24 jam sejak waktu kejadian. Sementara waktu penyelesaian berkas santunan lengkap rata-rata 15 menit,” kata Rivan.

“Sementara untuk korban luka-luka yang masih dirawat di RS kami terbitkan surat jaminan melalui sistem pelayanan online yang terintegrasi dengan Rumah Sakit sehingga biaya rawatan dijamin Jasa Raharja sampai dengan maksimal Rp 20 Juta,” tambah Rivan.

Rivan menilai mudik tahun ini berjalan dengan baik. Hal itu lancar karena kerja sama yang baik antar instansi.

Baca Juga :   3 Orang Tewas akibat Kecelakaan di Tol Cipali KM 178

Jasa Raharja menilai mudik tahun ini berjalan dengan baik berkat kerja sama antar instansi. Mulai dari pengecekan jalur mudik, pengaturan lalu lintas hingga penyelenggaraan mudik gratis.

Semuanya turut mendukung pelaksanaan mudik yang aman bagi masyarakat sehingga angka kecelakaan bisa ditekan.

“Penyelenggaraan mudik Lebaran tahun ini secara keseluruhan berjalan dengan baik, aman dan lancer ini semua tentunya berkat upaya dari semua Instansi berwenang baik dari Pemerintah, Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, dan pihak terkait lainnya dalam penanganan mudik Lebaran Tahun 2022 baik saat arus mudik maupun arus balik,” pungkas Rivan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO