Ini Penyebab Bus ALS di Sijunjung Kebakaran

JagatBisnis.com –  Pihak kepolisian menyampaikan hasil penyelidikan bus Antar Lintas Sumatera (ALS) yang terbakar di Bukit Tanjung Lolo, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Bus rute Medan-Jakarta ini membawa 46 penumpang.

Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, menyebutkan hasil penyelidikan menunjukkan api dipicu akibat korsleting di bagian mesin hingga membakar habis seluruh bagian bus.

“Korsleting mesin yang pengaruh dengan daya pacu mesin. Sehingga sopir inisiatif meminggirkan bus dan menyuruh penumpang turun. Tidak lama api menjalar membuat bus hangus terbakar,” kata Ikhwan dikonfirmasi melalui pesan singkat, Sabtu (14/5).

Baca Juga :   Polisi Segera Tetapkan Tersangka Kasus Kebakaran Gedung Kejagung

Ia mengungkapkan saat api mulai menyala, sopir sempat mengambil alat pemadam api ringan. Namun upaya itu gagal lantaran api kian membesar.

“Apar ada cuma tidak memadai karena cepatnya api. (Tindakan) Itu sudah SOP perusahaan, dan sopir bus sopir organik perusahaan, bukan sopir tembak (cadangan),” ungkapnya.

Baca Juga :   Penghuni Rumah di Pademangan Lolos dari Amukan Api

Sebelumnya, kata dia, sopir telah bertindak cepat dengan menyuruh seluruh penumpang untuk turun dari bus. Tindakan ini sehingga tidak menimbulkan korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut.

“Penumpang selamat berhasil keluar,” pungkasnya sembari menyebutkan beberapa barang penumpang tidak terselamatkan.

Baca Juga :   Rumah Milik Pejabat Pemprov Maluku Utara Kebakaran

Seperti diketahui, peristiwa kebakaran bus ALS ini terjadi Jumat (13/5) sekitar pukul 09.10 WIB. Bus dikemudikan oleh Muhamad Iqbal Lubis (52) dari Medan hendak menuju Jakarta.

Saat melaju di lokasi kejadian, tenaga mesin bus sempat bermasalah sehingga sopir memutuskan untuk menepi. Saat pengecekan, api telah muncul di bagian mesin yang berada di belakang bus. (pia)

MIXADVERT JASAPRO