Ekbis  

Cadangan Devisa Tergerus Sebesar USD3,4 Miliar

JagatBisnis.com – Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2022 sebesar USD135,7 miliar. Jumlah tersebut mengalami penurunan hingga USD3,4 miliar dibandingkan dengan posisi pada akhir Maret 2022 sebesar USD139,1 miliar.

“Penurunan posisi cadangan devisa pada April 2022 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan antisipasi kebutuhan likuiditas valas sejalan dengan meningkatnya aktivitas perekonomian,” kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono dalam keterangan resmi, Sabtu (14/5/2022).

Dia menjelaskan, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor. Padahal, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Baca Juga :   BI Sebut Likuiditas Perbankan Senantiasa Aman dan Terjaga

“Ke depan, kami memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” tutup Erwin. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO