Tekno  

Apple Resmi Hentikan Produksi iPod setelah 20 Tahun

JagatBisnis.com – Apple resmi mengumumkan telah menghentikan produksi iPod sejak pertama kali meluncur lebih dari 20 tahun. Ipod terkenal sebagai Pemutar MP3 penentu tren yang mengubah cara orang mendapatkan musik.

iPod Touch, menjadi pemutar musik portabel yang masih dijual, akan tersedia hingga persediaan habis, kata perusahaan dalam sebuah posting blog pada Selasa (10 Mei).

Sejak diluncurkan pada tahun 2001, iPod menghadapi badai pemutar musik yang bersaing sebelum dikalahkan oleh smartphone, streaming musik online dan di jajaran Apple, oleh kebangkitan iPhone.

seiring dengan perkembangan waktu, iPod mengalami hadapi banyak pesaing pemutar musik dari merk lain. Bahkan, gadget Apple itu juga harus berkompetisi dengan platform streaming musik online dari kalangannya sendiri di jajaran Apple, yakni dengan munculnya iPhone pada 2007 lalu.

Baca Juga :   China Hapus 25 Aplikasi Daring Demi Perlindungan Data Pribadi

Sejarah iPod
Sejak Oktober 2001, iPod menjadi pemutar MP3 pertama yang mampu menyimpan sedikitnya 1.000 lagu dengan masa simpan baterai selama 10 jam.

Nilai itu tentu sangat jauh tertinggal dengan kemampuan streaming musik Apple saat ini, yang mampu memutar lebih dari 90 juta lagu.

Baca Juga :   Ini 5 Aplikasi untuk Lindungi Anak dari Konten Pornografi

Pada 2007, ketika iPhone pertama kali ada, iPod Touch meluncur kepada khalayak dan menjadi ‘anak terakhir’ dari iPod. Beberapa tahun sebelumnya, Apple pun telah merilis versi iPod mini, seperti Nano dan Shuffle.

iPod Touch setidaknya telah ada update versinya pada 2019 dan menjadi update terakhir oleh Apple. Versi terbaru iPod itupun sudah mempunyai spesifikasi yang mumpuni layaknya sebuah smartphone.

iPod versi terakhir memungkinkan pengguna untuk dapat mengambil foto dan melakukan video call. Produk iPod Touch saat ini mungkin masih terdapat di beberapa gerai Apple selama persediaan masih ada.

Baca Juga :   Signify Produksi melalui Luminer Cetak 3D

Tergeser smartphone
Sejak iPod rilis telah banyak memberikan warna baru bagi industri musik saat itu. Industri musik kala itu sedang berjuang untuk melawan tindakan unduh hingga file sharing ilegal oleh banyak orang. Apple membawa angin segar dengan memperkenalkan iTunes dan iPod beberapa bulan kemudian.

Meski begitu, keberadaan iPod sudah tergeser oleh banyaknya aplikasi pemutar musik yang memudahkan pengguna mendengarkan langsung dari smartphone. Pengguna iPhone dapat menikmati streaming lagu dari Apple Music melalui ponsel miliknya.(pia)

MIXADVERT JASAPRO