Kemenparenkraf Siapkan SE Peningkatan CHSE di Destinasi untuk Mitigasi Insiden

JagatBisnis.com – Pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif diminta untuk memperkuat faktor-faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan keberlanjutan lingkungan (CHSE) serta pengawasan. Hal itu dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan dan masyarakat.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terkait insiden yang terjadi di destinasi wisata di masa libur Lebaran 2022. Salah satunya kejadian yang terjadi di Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur.

“Penguatan aspek-aspek CHSE ini merupakan hal yang penting untuk dapat diperhatikan pengelola destinasi maupun sentra ekonomi kreatif dan sudah terus kami sampaikan sejak memasuki persiapan masa libur lebaran tahun 2022,” kata Sandiaga Uno dalam “Weekly Press Briefing” yang digelar secara hybrid, seperti dikutip Selasa (10/5/2022)

Baca Juga :   Ada Permainan Hancurkan Bangunan Mirip Kakbah, Sandiaga Minta Blokir Game Fortnite

Dia menjelaskan, pengelola destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif diminta benar-benar dapat memperhatikan hal itu. Karena saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan surat edaran (SE) bagi seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk me-review dan memperkuat kembali aspek-aspek standar layanan wisatawan berbasis CHSE.

Baca Juga :   Sandiaga Diyakini Mampu Majukan Industri Pariwisata Indonesia

“Yang terjadi di Kenjeran Park tentunya adalah aspek CHSE yang belum diterapkan secara ketat dan disiplin. Jadi kami akan mengeluarkan SE untuk setiap pengelola destinasi wisata untuk memastikan, melakukan inspeksi ulang CHSE. Terutama jika ada aspek-aspek teknis yang selama ini tidak terlalu diperhatikan,” imbuh Sandiaga.

Dia menambahkan, pihaknya tidak akan ragu untuk merekomendasikan destinasi wisata maupun sentra ekonomi kreatif yang tidak memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan pengunjung untuk ditutup.

Baca Juga :   Tiket.com dan Kemenparekraf Dorong Pariwisata Danau Toba di Tengah Pandemi

“Saat ini tim kami terus melakukan monitoring dan evaluasi. Dan kami mengingatkan semua pihak terutama lintas Kementerian/lembaga dan juga di level pemerintah daerah dan masyarakat secara umumnya agar kejadian ini tidak akan terulang lagi di destinasi wisata manapun ke depan. Kami tidak akan ragu untuk segera hadir dan melakukan inspeksi di lapangan juga dalam kolaborasi,” pungkasnya. (eva)

MIXADVERT JASAPRO