Penghitungan Suara Pilpres, Anak Diktator Filipina Unggul Jauh

Ferdinand Marcos Jr.

JagatBisnis.com –   Seperti sudah diprediksi sebelumnya, Ferdinand Marcos Jr berhasil unggul jauh pada perhitungan suara pilpres Filipina. Pria yang akrab disapa Bongbong ini merupakan putra eks diktator Ferdinand Marcos Sr.

Dari 90 persen suara masuk, Bongbong mendapat 30 juta suara dukungan. Jumlah itu dua kali lipat dibanding penantang terdekatnya Wapres Filipina saat ini, Leni Roberdo.

Meski belum perhitungan secara resmi, hampir dipastikan Bongbong akan menjadi Presiden Filipina terbaru menggantikan Rodrigo Duterte.

Baca Juga :   Filipina Luncurkan Program Vaksinasi Booster COVID-19 Kedua

Bongbong sendiri saat mengetahui ia unggul jauh, sampai Selasa (10/5/2022) masih menolak mengeklaim kemenangan. Di hadapan pendukungnya, Marcos Jr menyatakan perhitungan belum usai.

Baca Juga :   Filipina Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo

“Tunggu sampai semua jelas, sampai perhitungan mencapai 100 persen baru kita bisa merayakan,” ucap Marcos Jr seperti dikutip dari AFP.

Sementara itu, mengetahui dirinya di ambang kekalahan Roberdo mengaku kecewa. Akan tetapi lewat pidato disiarkan televisi nasional, Roberdo menegaskan perjuangan pendukungnya tidak sia-sia dan mereka tak gagal.

Baca Juga :   Sepanjang 2021, Virus Corona jadi Penyebab Kematian Nomor Tiga di Filipina

Roberdo menyatakan, gerakannya membersihkan Filipina dari politikus korup akan berlanjut.
“Kita semua baru saja memulai,” ujar Roberdo.

Kemenangan Bongbong menjadi penanda kembalinya rezim keluarga Marcos. Saat menguasai Filipina selama dua dekade lebih Marcos Sr memerintah dengan tangan besi dan korup. (pia)

MIXADVERT JASAPRO