Tender Gorden Rumah Dinas DPR Dimenangkan Penawar Tertinggi

JagatBisnis.com-Tender penggantian gorden untuk rumah dinas anggota DPR RI dimenangkan oleh PT Bertiga Mitra Solusi, Tangerang, Banten. Perusahaan itu berhasil mengalahkan 48 perusahaan lain yang menjadi peserta lelang dengan penawaran tertinggi sekitar Rp43,5 miliar. DPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp48,7 miliar dari APBN untuk penggantian gorden rumah dinas DPR di Kalibata, Jakarta Selatan pada Maret 2022 lalu.

Baca Juga :   APBN Kembali Diandalkan dalam Penanganan Wabah PMK

Dikutip dari laman resmi Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DPR, Minggu (8/5/2022), lelang itu diberi nama “Penggantian Gordyn dan Blind DPR RI Kalibata” dengan kode tender 732087. Nama Pemenang PT Bertiga Mitra Solusi, Harga Penawaran Rp43.577.559.594,23, Hasil Negosiasi Rp43.577.559.594,23.
Harga penawaran dari perusahaan tersebut terlihat lebih tinggi ketimbang penawaran dari dua peserta lainnya yang dipublikasikan.

Menanggapi hasil tender gorden DPR, Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saman mengaku heran karena perusahaan yang menang justru yang menyodorkan harga lebih tinggi dibandingkan dua perusahaan lainnya.

Baca Juga :   Dijuluki Pahlawan Devisa, TKI Menyumbang 10 Persen Nilai APBN

“Terus terang saja agak aneh jika pengumuman pemenang yang dijadikan pemenang adalah penawar tertinggi. Karena yang tidak memenuhi persyaratan itu sudah gugur di fase-fase sebelumnya, misalnya barangnya jelek, tidak dapat dukungan, atau tidak sesuai spesifikasi, itu enggak sampai dibuka penawaran,” katanya, seperti dikutip, Minggu (8/5/2022).

Baca Juga :   Waspada! Indonesia Terancam Krisis Pangan dan Energi

Boyamin mengatakan proses tender harus berjalan kompetitif. Pemenang tender harusnya dipilih dari perusahaan yang menawarkan harga termurah dan memenuhi persyaratan. Diyakini dua perusahaan lainnya yang ikut tender memenuhi persyaratan. Apalagi gorden merupakan barang yang mudah dicari di pasaran. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO