Ekbis  

Teten: Produk Wellnes Bali Harus Mendunia

JagatBisnis.com –  UMKM diyakini akan menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia di masa depan. Oleh karena itu, saat ini dibutuhkan UMKM yang memiliki daya saing di pasar global dan memiliki produk yang berbasis kreativitas dan inovasi. Salah satu produk yang dapat meraih sukses di kancah global tersebut ialah produk kesehatan dan kebugaran atau wellness Bali, untuk bisa mendunia.

“Produk wellness ini punya potensi besar. Terbukti, data dari Global Wellness Institute, potensi ekonomi dari industri wellness global mencapai Rp63 ribu triliun. Ini potensi yang sangat besar,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki dalam acara Wellness Talk bertajuk Masa Depan Tradisi Wellness di Bali, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (7/5/2022).

Dia menjelaskan, untuk mengembangkan produk wellness berkualitas di Indonesia, pihaknya pun mengapresiasi hadirnya Purana Wellness sebagai unit layanan kebugaran dan kesehatan tradisional di Unversitas Hindu Indonesia (UNHI), Bali. Hal ini pun akan menjadikan universitas itu sebagai salah satu perguruan tinggi terdepan di Indonesia yang mengeksplorasi kekayaan narasi wellness nusantara.

Baca Juga :   UMKM Dapat Pulihkan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi

“Bali memiliki bahan pokok utama industri wellness yang sangat lengkap. Di antaranya nilai luhur, literasi, tradisi, hingga adat budaya Bali yang menjadi wujud dari Tradisi Wellness Bali. Selain itu, Bali juga punya beragam kekayaan sumber daya alam yang menjadi komposisi utama produk-produk wellness. Bahkan, kreativitas dari para pelaku ekonomi khususnya para UMKM di Bali yang luar biasa,” tegas Teten.

Baca Juga :   Koperasi Bermasalah dan Melanggar Hukum Bakal Ditutup

Menurut Teten, produk wellness Bali juga memiliki keunggulan karena sangat berkaitan erat dengan industri pariwisata. Misalnya, produk wellness Bali dengan potensi tinggi seperti spa di hotel-hotel, hand sanitizer dan disinfektan dengan essential oil, serta produk minuman herbal dan jamu. Hal tersebut, dipadukan dengan sektor akademik salah satunya perguruan tinggi ini. (eva)

MIXADVERT JASAPRO