Wisata  

Jadi Primadona, 176 Ribu Wisatawan Kunjungi Pantai di Gunungkidul saat Lebaran

JagatBisnis.com –  Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dibanjiri wisatawan selama libur Lebaran 2022 pada 29 April hingga 6 Mei. Tercatat sebanyak 176.982 wisatawan berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul.

Jumlah itu melampaui target kunjungan wisatawan selama libur lebaran yang ditetapkan Pemkab Gunungkidul yaitu 154 ribu.

“Jumlah kunjungan wisatawan hingga hari Jumat sudah melampaui target dari yang kita tetapkan sebanyak 154.403 orang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Arif Aldian, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (7/5).

Menurut Arif, objek wisata pantai masih menjadi primadona. Banyak wisatawan dari luar daerah rela meluangkan waktunya untuk berkunjung ke sejumlah pantai di Gunungkidul, seperti Pantai Baron, Kukup, Krakal, Drini, dan lainnya.

Baca Juga :   Mulai 7 Maret, Turis dari 23 Negara Bisa Dapat Visa on Arrival di Bali

“Puncak kunjungan wisatawan terjadi pada hari Kamis. Dan Jumat, sudah mulai ada penurunan jumlah wisatawan karena sudah mulai ada peningkatan arus balik libur lebaran yang memang sudah diperkirakan akan terjadi di hari Jumat hingga akhir libur lebaran,” bebernya.

Dari catatan Dinas Pariwisata Gunungkidul, pada Kamis (5/5), tercatat wisatawan yang ke Gunungkidul mencapai 59.244 orang. Sementara pada Rabu (4/5), jumlah wisatawan yang datang ke Gunungkidul mencapai 48.364 orang.

Lalu, pada Jumat (6/5), jumlah wisatawan yang datang mengalami penurunan di angka 36.860 orang.

Baca Juga :   De Mangol, Wisata Kekinian yang Berada di Yogyakarta

Arif mengatakan, tingginya kedatangan wisatawan ke Gunungkidul ini membuat arus lalu lintas padat. Akan tetapi, menurutnya kemacetan bisa terurai berkat kerja sama sejumlah instansi di antaranya Polres Gunungkidul, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Kodim 0730 dan lain sebagainya.

Dinas Pariwisata Gunungkidul juga menggandeng Sarlinmas dan BPBD untuk mencegah terjadinya kecelakaan laut.

“Dispar juga sudah laksanakan imbauan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan objek wisata melalui Pokdarwis di masing-masing destinasi wisata. Selama libur lebaran pelaku usaha pariwisata mengalami peningkatan pendapatan baik rumah makan, restoran maupun penginapan, home stay, resort maupun hotel,” terangnya.

Baca Juga :   Akhir Mei 2022, Jepang Mulai Uji Coba Pembukaan Wisata

Meningkatnya kunjungan wisata di Gunungkidul ini juga berdampak pada okupansi hotel di kawasan pantai. Bahkan rumah makan di kawasan Pantai Baron dan Kukup pada mulai Rabu banyak yang full booking.

“Dispar juga menyediakan fasilitas masker gratis untuk pengunjung yang tidak mengenakan masker di pos TPR dan informasi terkait objek wisata pantai di Gunungkidul juga sudah disiapkan baik pada akun medsos maupun leaflet di Pos TPR Baron dan JJLS,” terang Arif.

“Selain itu Dinas Pariwisata juga menyiapkan layanan informasi pariwisata di TIC Patuk & di kantor Dinas Pariwisata Gunungkidul,” pungkasnya. (pia)

MIXADVERT JASAPRO