Menhub Pastikan Kemacetan di MBZ hingga Merak Mulai Terurai

JagatBisnis.com – Arus lalu lintas mudik membuat kepadatan kendaraan di sejumlah titik jalur mudik, seperti Merak, Banten dan tol layang MBZ terjadi kemacetan. Namun kemacetan itu diharapkan sudah mulai terurai sejak H-1 Lebaran, Sabtu (30/4/2022) kemarin.

“Kondisi lalu lintas di jalan tol Jakarta ke arah timur hingga GT Kalikangkung Semarang juga relatif lebih lancar. Seperti terlihat di CCTV Posko Jasa Marga, dari KM 70–KM 414 Kalikangkung (Semarang) terpantau lancar, begitu juga di Cipularang dan tol layang MBZ tidak ada kemacetan,” Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangn tertulis, Minggu (1/5/2022).

Dia menjelaskan, di sektor transportasi laut, terpantau tidak ada kejadian yang menonjol dan pergerakan penumpang kapal relatif sudah terkendali. Hal itu terjadi setelah pihaknya melakukan satu upaya untuk menambah Pelabuhan yaitu Indah Kiat dan Ciwandan. Sehingga kondisi arus mudik terlihat lebih lancar.

Baca Juga :   KNKT Minta Kemenhub Larang Penggunaan Klakson Tambahan di Truk

“Dengan adanya dua pelabuhan dan 11 kapal tambahan dapat mengalihkan sekitar 3 ribu penumpang. Sehingga dapat memecah kepadatan yang ada di Merak. Bahkan, dari pengecekan di Posko ASDP terjadi satu penurunan antrian kendaraan menjadi lebih pendek,” paparnya.

Baca Juga :   Kemenhub Siapkan Dua Pelabuhan Tambahan, Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak

Dia menambahkan, di sektor udara juga telah terjadi penurunan pergerakan penumpang pada Sabtu (30/4/2022) atau H-2 dibanding Jumat (29/4/2022) atau H-3 kemarin. Hal itu terjadi, setelah pergerakan pesawat sempat menembus 1.054 flight dan pada Sabtu (30/4/2022) relatif turun sekitar 900 flight.

Baca Juga :   Pembangunan Sistem Transportasi IKN Nusantara Butuh Anggaran Rp582,6 Miliar

“Saya mwngucapkan terima kasih kepada para petugas yang bekerja di lapangan, terutama kepada rekan-rekan kepolisian yang bekerja luar biasa mengatur lalu lintas, dalam upaya mewujudkan mudik yang aman dan sehat dan menbawa kegembiraan bagi masyarakat,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO