Co-Chair G20 Empower: Lingkungan Kerja PRT Harus Aman bagi PRT

JagatBisnis.com –  Co-Chair G20 Empower Rina Prihatiningsih mendorong agar DPR segera mengesahkan rancangan Rancangan Undang-undang (RUU) Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Hal itu sebagai upaya menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi perempuan menjadi salah satu isu prioritas yang dibahas dalam Group of Twenty (G20) Empower Presidensi Indonesia.

Baca Juga :   Kapolri Pastikan KTT G20 Berjalan Lancar dan Aman

“Skala prioritas untuk mengesahkan RUU PPRT menjadi fokus utama demi terciptanya tempat kerja aman dan harmonis, baik bagi PRT maupun bagi para pemberi kerja,” katanya dikutip, Minggu (1/5/2022).

Dia menjelaskan, pihaknya terus mendorong negara G20 meningkatkan kesetaraan dan menurunkan kesenjangan perempuan di dunia kerja. Terkait itu, pihaknya mendorong tercapainya kepastian hukum yang adil dan aman bagi PRT. Berdasarkan Survey ILO dan Universitas Indonesia, 85 persen PRT mayoritas perempuan dan 14 persen adalah anak-anak.

Baca Juga :   PLN Akan Pastikan Energi Listrik Untuk KTT G20 di Bali dari Energi Bersih

“Itulah Sebabnya PRT menjadi salah satu isu yang dibahas dalam G20 Empower Presidensi Indonesia. Selain isu menciptakan lingkungan kerja yang aman bagi perempuan, imbuhnya, Indonesia sebagai Presidensi G20 aktif mendorong terciptanya arsitektur global dalam hal kesehatan global, transformasi ekonomi dan digital, serta transisi energi,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO