Kementerian PUPR Kejar Penyelesaian Jalan Pansela untuk Wisata Lebaran

JagatBisnis.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melanjutkan penyelesaian Jalan Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang ditargetkan tersambung hingga Kabupaten Banyuwangi di Provinsi Jawa Timur. Saat ini penanganan Jalan Pansela di Provinsi Jawa Timur yang sudah ditangani sekitar 340,72 km dari total panjang 627,58 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, lintas Pansela yang dibangun sudah tembus dari Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten melalui Kebumen, Cilacap, Wonosari sampai ke Pacitan Provinsi Jawa Timur. Jalan Pansela dibangun dengan biaya dari APBN, Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IDB).

“Pembangunan Jalan Pasela dimulai sejak 6 tahun lalu. Jalan mudik ini dibangun secara bertahap. Nanti di tahun 2024 akan diteruskan hingga tersambung sampai Banyuwangi, Jawa Timur,” kata Basuki, Sabtu, (30/4/2022).

Baca Juga :   Viral, Rumah BSPS di Gorontalo Mendadak Jadi Objek Wisata

Senada, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, Achmad Subki mengatakan beberapa ruas jalan yang sudah selesai akan disiapkan menjadi jalur penghubung wisata Lebaran tahun 2022, terutama di pekerjaan Lot 6 yang menyambungkan Prigi-Bts, Kab Tulungagung-Klatak-Brumbun dengan total panjang 18,18 km yang telah mencapai 78,4 persen.

Baca Juga :   Kementerian PUPR Siap Salurkan Bantuan Rumah Khusus untuk Pemkab Batang Hari

“Ketika libur Lebaran tahun 2022 sebagian masih konstruksi, maka tidak akan jadi jalur mudik. Tetapi untuk beberapa ruas Pansela di Jawa Timur yang sudah tersambung difokuskan untuk dimanfaatkan sebagai jalur liburan Lebaran. Salah satunya untuk menuju Pantai Gemah yang sudah bisa terakses,” kata Subki.

Menurutnya, pembangunan ruas jalan ini bisa memperlancar arus perekonomian barang jasa dan meningkatkan pendapatan daerah melalui sektor pariwisata, khususnya di daerah Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Trenggalek. Kaena jalan itu nantinya bisa memutus kesenjangan perekonomian antara jalur pantai utara dan selatan, ditambah jalur lintas selatan lot 6 ini dipenuhi dengan potensi wisata alam dengan banyak terdapat pantai.

Baca Juga :   Kementerian PUPR: 8.115 RTLH di Kalbar Dapat Bantuan Program BSPS

“Saat ini kami bekerja sama dengan pemerintah kabupaten setempat juga tengah membangun tempat istirahat (rest area) yang akan menyajikan pemandangan indah saat melalui ruas-ruas Pansela di Jawa Timur,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO