PLN Siagakan 126 SPKLU untuk Pemudik yang Pakai Mobil Listrik

JagatBisnis.com –  PT PLN (Persero) menyiagakan seluruh stasiun pengisian kendaraan listrik umum ( SPKLU ) untuk mendukung kelancaran mudik Lebaran tahun ini. Sebanyak 126 SPKLU yang ada di rest area sepanjang Tol Trans Jawa disiapkan. Sehingga pemudik tak perlu ragu mengendarai mobil listrik ke kampung halaman.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN Diah Ayu Permatasari menjelaskan, tak hanya menyiapkan pasokan listrik yang andal bagi masyarakat di rumah, pihaknya juga memastikan seluruh infrastruktur kelistrikan untuk kendaraan listrik berjalan optimal dalam memfasilitasi masyarakat yang akan mudik.

“Saat ini para pemilik EV tak perlu ragu lagi membawa kendaraan listriknya ke kampung halaman karena kami menyiagakan seluruh SPKLU di sepanjang rest area tol Jawa. Saat ini, kami sudah mengoperasikan SPKLU di 8 rest area sepanjang Tol Trans Jawa. Dari mulai Cikampek hingga Kertosono, Madiun,” kata Diah, Sabtu (30/4/2022).

Baca Juga :   Miris! Masih Ada 229 Desa di Papua-Papua Barat Belum Dialiri Listrik

Diah menjelaskan, pengopreasian SPKLU di 8 titik tersebut berada di rest area KM 519 A (Solo Ngawi), rest area KM 519 B (Ngawi Solo), rest area KM 389 B (Batang – Semarang), rest area KM 379 A (Semarang-Batang), rest area KM 626 B (Kertosono, Madiun), rest area KM 207 A (Palikanci, Cirebon), rest area 208 B (Palikanci) dan rest area KM 6 (Jakarta-Cikampek). Tak hanya di rest area, para pemudik juga bisa memakai fasilitas SPKLU yang tersedia di PLN. Secara total, lebih dari 126 SPKLU tersebar di 97 lokasi di 48 kota seluruh Indonesia.

Baca Juga :   PLN Rambah Bisnis Layanan Internet Lewat ICONNET

“Jika para pemudik juga hendak jalan-jalan di kota singgah sekitar Tol Trans Jawa, pemudik EV bisa memanfaatkan SPKLU yang tersedia di kantor unit PLN,” tegas Diah.

Baca Juga :   Ekpor Batubara Dilarang, PLN Jamin Pasokan Listrik Aman

Menurutnya, pada tahun ini pemerintah menargetkan ada 580 SPKLU yang beroperasi. Saat ini pihaknya aktif menggenjot pembangunan SPKLU ini. Sehingga, pada momen Lebaran berikutnya makin meningkatkan gairah para pemilik EV untuk mudik ke kampung halaman dengan meningkatnya fasilitas EV di ruang publik.

“Bagi masyarakat yang mudik menggunakan mobil listrik dapat menggunakan fitur electric vehicle di PLN Mobile, untuk mengetahui lokasi 126 SPKLU yang tersebar di 48 kota di Indonesia,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO