Kemenhub Siapkan Dua Pelabuhan Tambahan, Urai Kepadatan di Pelabuhan Merak

JagatBisnis.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah jumlah pelabuhan tambahan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Penyeberangan Merak . Dua pelabuhan di Banten tersebut adalah pelabuhan milik Pelindo yang berada di Ciwandan dan Pelabuhan Indah Kiat. Hal itu dilakukan karena, animo masyarakat untuk mudik sangat tinggi sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan panjang di arteri dan jalan tol menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten.

Baca Juga :   Mudik Tahun Ini, Jumlah Kendaraan Melintas Bakauheni Naik 10 Persen

“Mulai Sabtu (30/4/2022) ini, kami menyiapkan 9 kapal untuk dioperasikan melayani penumpang yang akan menyebrang dari dermaga Ciwandan ke Pelabuhan Bakauheni,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau langsung dermaga Ciwandan dan memimpin operasionalnya mulai penyiapan pelabuhan, kedatangan kapal di sampai masuknya kendaraan yang dialihkan ke dermaga tersebut, Sabtu (30/4/2022).

Dia menjelaskan, Pelabuhan Indah Kiat telah disiapkan sejak kemarin, Jumat (29/4/2022). Di pelabuhan tersebut telah disiapkan dua kapal, yaitu kapal KM Mutiara Ferryndo 7 dan KM Mutiara Berkah I. kepadatan di Pelabuhan Merak terjadi karena jumlah lonjakan penumpang di pelabuhan tersebut pada tahun ini lebih tinggi sekitar 40 persen, dibandingkan dengan mudik tahun 2019 sebelum pandemi.

Baca Juga :   Warga Diimbau Mudik Lebih Awal Agar Tak Terkena Macet

“Untuk menghindari makin padatnya pelabuhan, masyarakat diminta menunda perjalanan menyebrang ke Merak malam ini sambil menunggu sampai kapasitas kembali meningkat di Merak. Oleh sebab itu, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami masyarakat di Pelabuhan Merak. Kami terus berupaya ini bisa diatasi kurang dari 12 jam. Ini terjadi,” tegasnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO