Cakupan Vaksinasi COVID-19 Capai 400,5 Juta

JagatBisnis.com –  Berdasarkan data cakupan vaksinasi yang diperoleh dari Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) hingga Rabu (27/4), total cakupan vaksinasi sebanyak 400,5 juta suntikan dari target 450 juta.

“ini merupakan pencapaian yang besar berkat dukungan dari seluruh masyarakat,” kata Juru Bicara COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid , ditulis di Jakarta, Jumat, (29/4/2022).

Secara rinci cakupan dosis 1 mencapai 199 juta atau 95,63 persen. Cakupan dosis 2 mencapai 164,5 juta 79 persen, dan cakupan vaksin dosis 3 mencapai 36,8 juta 17,68 persen.

Baca Juga :   Pelayanan Vaksinasi di Sulawesi Utara Terus Berlanjut

Golongan lanjut usia (Lansia) di atas 60 tahun merupakan prioritas pemerintah untuk divaksinasi. Sebab Lansia merupakan kelompok yang paling rentan terpapar dan paling tinggi risiko kematian dan kesakitan akibat COVID-19.

Baca Juga :   Dokter Tak Anjurkan Vaksinasi COVID-19 di Awal Kehamilan

Saat ini cakupan vaksinasi Lansia dosis pertama mencapai 17,5 juta atau 81,66 persen, dosis kedua 13,9 juta 64,74 persen, dan dosis ketiga mencapai 3,7 juta 17,22 persen.

Percepatan cakupan vaksinasi COVID-19 menjadi penting untuk mencegah penularan terutama pada Lansia. Karenanya masyarakat diminta membantu para Lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi.

Sejumlah strategi yang sudah dilakukan untuk mengakselerasi vaksinasi Lansia adalah dengan terus membuka sentra-sentra vaksinasi di seluruh Indonesia. Sentra vaksinasi itu dapat memudahkan Lansia mendapatkan vaksinasi di tempat tinggal yang terdekat.

Baca Juga :   Penerima Vaksin Janssen Bisa Terima Vaksinasi Booster Moderna

Nadia meminta kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk vaksinasi COVID-19 jika sudah memiliki jadwalnya.

“Silakan datang ke seluruh pos pelayanan vaksinasi atau sentra pelayanan vaksinasi. Kami mengimbau bagi keluarga yang memiliki anggota keluarganya yang belum mendapatkan vaksinasi untuk segera divaksinasi,” kata Nadia.(pia)

MIXADVERT JASAPRO