Bila Kawasan Nagrek Macet, Polresta Bandung Siapkan One Way

JagatBisnis.com – Polresta Bandung menyiapkan skema rekayasa lalu lintas one way atau satu arah bila kepadatan arus mudik terjadi di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, sementara ini di jalur selatan belum ada jadwal khusus untuk skema one way sehingga penerapannya bakal menyesuaikan di lapangan.

“Kami lihat situasi kondisi kendaraan, nanti seandainya kendaraan dari Jakarta ke Garut cukup ramai, maka bisa jadi menerapkan one way,” kata Kusworo di Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).

Dia menjelaskan, apabila kepadatan terjadi, polisi akan mencermati terlebih dahulu arus kendaraan dari dua arah. Jika kendaraan yang mengarah ke Bandung atau ke Jakarta lebih sedikit, maka penerapan one way ke arah timur bisa berjalan.

“Lalu personel kita akan mengisi (menutup) gang-gang kecil dan lakukan one way,” kata Kusworo.

Kusworo mengharapkan, penerapan one way tidak berlangsung lama. Setelah kendaraan mulai terurai hingga arus mulai lancar, one way akan dihentikan.

“Kita berkoordinasi dengan pos pengamanan terdekat, yaitu Limbangan (Polres Garut), di Cicalengka kita antisipasi,” kata dia.

Guna memperlancar arus di jalur mudik, terang Kusworo, pihaknya bakal mengantisipasi kendaraan besar saat ada larangan beroperasi untuk jenis kendaraan bersumbu tiga.

“Jika ada kendaraan besar yang terlanjur melintas, polisi akan menyiapkan area parkir agar kendaraan besar menepi,” ujarnya.

“Seandainya ada kendaraan besar, maka kita siapkan kantung-kantung di Jalan Cicalengka lama, itu bisa untuk tempat parkir,” imbuh Kusworo.(pia)

MIXADVERT JASAPRO