Undang Ahli Jepang untuk Bantu Bangun IKN Nusantara

JagatBisnis.com – Saat ini pemerintah tengah memperkuat kerja sama di bidang infrastruktur dengan Pemerintah Jepang. Ada beberapa bidang yang akan dikerjasamakan dengan Jepang. Salah satunya di bidang infrastruktur dalam proses pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kita memang membutuhkan campur tangan sumber daya manusia (SDM) dari Jepang dalam proses pembangunan IKN Nusantara. Untuk itu, kami meminta bantuan konsultasi supervisi dari Jepang dengan tujuan meningkatkan kualitas bangunan di IKN,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuku Hadimuljono.

Sementara itu, Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang, Tetsuo Saito menambahkan, pihaknya akan mengirimkan para ahli untuk untuk mendukung IKN Nusantara, agar pemindahan yang dilakukan bisa berjalan lancar. Selain itu, pihaknya juga akan mempertimbangkan untuk mengirimkan para ahli dalam rangka mengumpulkan informasi terkait perencanaan IKN.

Baca Juga :   Jokowi Bakal Bangun Superhub Ekonomi di Ibu Kota Baru

“Kami berharap ada sharing knowledge dengan Indonesia. Karena sejumlah kerja sama yang akan kami bangun, khususnya di bidang sumber daya air melalui pembanguanan bendungan dan teknologi untuk penanganan bencana dan mengatasi perubahan iklim,” kata Tetsuo.

Baca Juga :   Sejumlah Kendala di Ibu Kota Negara, Terutama Banyak Lubang Tambang

Dia mengaku, saat ini para tenaga ahli bendungan dari Jepang sudah menjadi advisor Kementerian PUPR dalam setiap proses pembangunan bendungan. Selain itu pemerintah Indonesia juga bekerja sama dengan pemerintah Jepang melalui program prioritas rehabilitasi dan konservasi 15 danau. Nantinya program tersebut akan merestorasi Danau Biwa yang tengah dilakukan oleh Pemerintah Jepang. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO