Program Easy Green Ajak Konsumen Belanja Produk yang Baik untuk Lingkungan

JagatBisnis.com – Unilever berkolaborasi dengan Lazada menginisiasi penggunaan label “Easy Green” untuk membantu konsumen mengidentifikasi produk yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi itu bertujuan untuk mengedukasi konsumen agar dapat lebih cermat dalam membeli suatu produk, dengan memperhatikan upaya-upaya pelestarian alam yang diusung.

“Kami bersama Lazada, kali ini menyelenggarakan program ‘Easy Green untuk memudahkan konsumen mengenal produk. Hal itu sebagai upaya kami terkait pelestarian lingkungan, yang sejalan dengan cita-cita kami untuk menciptakan masa depan yang bersih dan lestari (clean future),” kata Head of Homecare E-Commerce Unilever Indonesia Kevin Stefano dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (26/4/2022).

Dia menjelaskan, pada tahap awal, label “Easy Green” akan diterapkan untuk produk Unilever dalam kategori perawatan rumah tangga melalui gerai LazMall Unilever di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Adapun produk tersebut harus memenuhi setidaknya salah satu dari sejumlah kriteria, termasuk biodegradability atau sekitar 99 persen dari formulasi produk harus dapat terurai secara alami.

Baca Juga :   Hari Peduli Sampah Nasional 2021: Unilever dan PPIM luncurkan program pemberdayaan untuk 3.000 pemulung Indonesia

“Kriteria lain adalah renewability atau formulasi produk harus setidaknya mengandung minimal 50 persen sumber karbon terbarukan dan reduced greenhouse gases (GHG) atau terdapat pengurangan Gas Rumah Kaca (GRK) minimal 10 persen dalam produk dibandingkan dengan formulasi sebelumnya. Kriteria juga mencakup penggunaan kemasan botol plastik yang menggunakan setidaknya kandungan 80 persen post-consumer recycled (PCR) atau jika ada sejumlah kandungan PCR yang digunakan dalam kemasan plastik yang fleksibel.

Baca Juga :   Unilever Indonesia Perkuat Kolaborasi dan Aksi Nyata Lintas Sektor untuk Masa Depan Berkelanjutan

Selain itu, lanjut dia, pengurangan penggunaan plastik baru setidaknya 5 persen dibandingkan dari kemasan sebelumnya serta tanpa plastik sama sekali yaitu penggunaan kemasan yang terbuat dari kertas. Hal itu sesuai dengan komitmennya dalam mengembangkan produk yang berkualitas tinggi serta baik untuk masyarakat dan lingkungan dengan harga yang terjangkau, termasuk upaya untuk menciptakan produk yang mudah terurai, terbarukan (renewable), dan menggunakan kemasan plastik yang lebih baik, lebih sedikit, atau tanpa plastik sama sekali.

Baca Juga :   HUT ke-88, Unilever Beri Penghargaan kepada 10 Sosok Pahlawan Kebaikan Unilever

“Ambisi besar ini yang melandasi kami untuk bersinergi dengan berbagai pihak, salah satunya adalah salah satu mitra e-commerce kami. Dengan harapan, konsumen di e-commerce tersebut yang tersebar di berbagai negara di Asia Tenggara bisa lebih cermat dalam memilih produk. Selain itu, konsumen dapat memiliki visi yang sama dengan Unilever untuk membantu mengatasi permasalahan lingkungan,” tutup Kevin. (eva)

MIXADVERT JASAPRO