Bertahap, Rp1,3 Triliun Dana BOS Madrasah Tahap I Bisa Dicairkan

Direktur KSKK Madrasah jelaskan pencairan dana BOS Madrasah

JagatBisnis.com – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Madrasah tahap I untuk tahun anggaran 2022 sudah bisa dicairkan. Proses pencairan ini masih berlangsung untuk 16.260 madrasah dengan total anggaran Rp1,3 triliun.

Sebelumnya, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah telah mencairkan dana BOS tahap I untuk 31.838 madrasah pada Maret dengan total anggaran Rp2,2 triliun.

Sebagai upaya percepatan pencairan, Direktorat KSKK Madrasah telah menggelar rapat koordinasi secara daring dengan para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi seluruh Indonesia dan pihak bank penyalur. Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi berpesan bahwa para pihak wajib membantu mempercepat teknis pencairan oleh madrasah di daerah agar dana BOS dapat segera dimanfaatkan.

Baca Juga :   Menag Ingatkan Jajarannya Pegang Teguh Ideologi Kebangsaan

“Dana ini harus segera cair sebelum Hari Raya Idul Fitri, Bapak/Ibu di Kanwil harus pro aktif membantu keperluan Madrasah melengkapi persyaratan pencairan,” ucap Isom di Jakarta, Jumat (22/4/2022).

Perwakilan dari bank penyalur, Hendrianto Setiawan, juga telah menyampaikan komitmennya untuk membantu percepatan ini dengan menyiapkan solusi bagi madrasah yang terkendala jarak dan waktu tempuh ke lokasi cabang terdekat.

“Kami siapkan tim yang siap melakukan jemput bola bagi madrasah yang terkendala akses. Contohnya dengan madrasah yang berada di wilayah kepulauan di Jawa Timur, kami sudah koordinasi dengan kanwil dan akan dilaksanakan di minggu depan,” ujar Hendri.

Baca Juga :   Menag Ingatkan Kader PMII Tantangan Indonesia Mendatang

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama pada Direktorat KSKK Madrasah Aceng Abdul Aziz menambahkan bahwa pihaknya terus berkomitmen meningkatkan layanan, termasuk dalam pencairan BOS Madrasah. Menurutnya, total penerima BOS Madrasah tahun 2022 adalah sebanyak 48.098 madrasah. Jumlah ini terdiri atas 23.666 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 16.363 Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan 8.069 Madrasah Aliyah (MA). Anggaran BOS Madrasah tahun 2022 yang sudah tersedia mencapai Rp7,3 triliun dan dicairkan dalam dua tahap.

Baca Juga :   Kemenag Beri Apresiasi pada Penggiat Zakat dan Wakaf

“Saat ini kami secara paralel juga tengah mempersiapkan penyaluran BOS Madrasah tahap kedua agar bisa dicairkan lebih cepat,” tandasnya.

Cairnya dana bos disambut baik para pengelola madrasah swasta. “Alhamdulillah, di hari-hari akhir menjelang libur sekolah, BOS Madrasah Aliyah akhirnya bisa dicairkan. Guru-guru bisa pulang kampung dengan honor yang dibayarkan dan operasional madrasah lainnya bisa terealisasikan. Terimakasih dan mohon maaf apabila sikap kami ada yang tidak berkenan,” ujar salah satu pengelola madrasah di wilayah Jawa Barat melalui pesan singkat yang disampaikan ke Tim Pengelola Dana BOS Direktorat KSKK Madrasah. (srv)

MIXADVERT JASAPRO