Mudik Lebaran Lewat Pantura Bebas Contraflow

JagatBisnis.com –   Jalur perkerasan beton di Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, telah rampung. Sehingga tidak ada rekayasa lalu lintas balik arah (contraflow) bagi pemudik yang melalui jalan nasional di sepanjang Pantai Utara (Pantura) tersebut.

“Jalan itu kini sudah bisa dilalui kendaraan dan tidak ada contraflow saat Lebaran mendatang. Karena sebelumnya ada rencana diterapkan contraflow untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas jalan batas kabupaten Lamongan-Batas Kota Gresik. Namun jalan tersebut sudah bisa dibuka untuk menunjang mobilitas mudik lebaran 2022,” kata Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Achmad Subki melalui keterangan tertulis, Rabu (20/4/2022).

Dia menerangkan, pembukaan arus lalu lintas dilakukan pada satu jalur perkerasan rigid jalan Pantura Gresik-Lamongan, tepatnya pada Km 33+600 sampai dengan 35+172 dengan panjang sekitar 1,5 km. Perkerasan rigid ini dapat dibuka lebih cepat berkat dukungan pimpinan BBPJN Jatim-Bali dan kerja sama tim yang kompak, khususnya PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur. Perkerasan rigid yang baru dibuka ini merupakan bagian dari Paket Preservasi Jalan Babat-Lamongan-Gresik MYC tahun anggaran 2021-2023.

Baca Juga :   16.100 Pemudik sudah Tinggalkan Jakarta

“Dengan dibukanya jalan ini, berarti sudah ada sekitar 7 km jalan yang beroperasi, yaitu pada km 33+600 hingga 40+600. Kami berharap dengan dibukanya jalan pada ruas tersebut dapat mengurangi kepadatan lalu lintas saat menjelang lebaran, khususnya di ruas jalan nasional dari Gresik – Lamongan dan sebaliknya,” tutupnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO