Kemenhub dan KAI Buka Pendaftaran Angkutan Motor untuk Pemudik

JagatBisnis.com –  Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI kembali membuka program angkutan motor gratis untuk mudik tahun ini. Pendaftaran dibuka pada Rabu, (20/4/2022) hingga 8 Mei 2022 mendatang dengan kondisi pendaftaran akan ditutup jika kuota terpenuhi. Maka, pemudik yang sudah punya tiket kereta api, bus, maupun travel tidak perlu merogoh kocek untuk mengirimkan motor ke kampung halaman yang dituju.

VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus, mengatakan untuk penyelenggaraan motor gratis akan dilakukan KAI Logistik dengan menyediakan kuota hanya untuk 9.280 motor. Saat ini tengah menunggu penugasan dari Kemenhub. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://bit.ly/motis2022 atau datang ke stasiun yang ditunjuk. Angkutan ini untuk arus mudik tanggal 26-30 April 2022 dan arus balik tanggal 5-9 Mei 2022

“Program ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dan mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor. Dari program motor gratis ini nantinya pemudik yang membeli tiket kereta api bisa juga mengangkut motor secara gratis, meski dengan kuota yang terbatas. Program angkutan gratis sepeda motor ini akan melayani dua rute yakni lintas utara dan lintas selatan,” katanya, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga :   PT KAI Layani Penumpang Pakai Kostum Pejuang

Sementara itu, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, mengatakan program angkutan motor gratis ini sangat digemari saat Lebaran tahun-tahun sebelumnya. Karena pemudik bisa tetap naik kereta dan motor tetap bisa diangkut. Sehingga pemudik tetap bisa bersilaturahmi di kampung halaman. Untuk tahun ini, ada sekitar dari 19 ribu unit motor yang akan diangkut. Jumlah itu lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 5.000-an unit motor yang diangkut. Hal itu karena tahun sebelumnya armada angkutnya digunakan antisipasi angkutan penumpang. Diharapkan adanya program motor gratis ini bisa mengurangi jumlah angka pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Baca Juga :   Ini Aturan Baru Naik KA Jarak Jauh

“Adapun lintas yang akan dilayani lintas yang dilayani juga akan dipotong, tidak sampai Jawa Timur. Untuk tahun tahun sebelumnya, yang favorit itu lintas selatan dari Jakarta – Purwokerto – Jogja – Solo, ada juga lintas selatan Cirebon – Bandung – Blitar, satu lagi lintas utara. Kemungkinan ini akan kami potong tidak sampai Jatim,” tutupnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO