PLN Tanam Bibit Mangrove di Sekitar Outfall PLTU

JagatBisnis.com – PT PLN (Persero) UPDK Gorontalo Unit PLTU Anggrek menanam bibit mangrove (Rhizophora) di sekitar area Outfall PLTU (pembuangan air bahang PLTU), Senin (18/4/2022). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya peningkatan kualitas lingkungan di sepanjang garis pantai sekitar instalasi pembangkit.

Manager PLN UPDK Gorontalo, Muhammad Iqbal mengatakan penanaman mangrove yang dilakukan ini merupakan bentuk keberlanjutan program kelestarian lingkungan di sekitar area instalasi pembangkit. Kegiatan ini merupakan kolaborasi melalui program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSL) untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Kami berharap, bibit mangrove yang ditanam dapat tumbuh dan menjadi benteng alami untuk mengurangi abrasi pantai. Selain itu juga berperan dalam terciptanya ekosistem hijau di sepanjang garis pantai PLTU sehingga menjadi tempat kehidupan satwa serta flora lainnya. Sehingga dapat melestarikan lingkungan perairan disekitar PLTU,” katanya seperti dikutip, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga :   Pasca Lebaran, Beban Listrik di Jakarta Kembali Normal

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo, Fayzal Lamakaraka mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PLN. Karean sebagai BUMN, PLN tidak hanya fokus dalam bisnis inti menerangi negeri. Terlepas dari itu, perhatiannya harus tertuju pada pengendalian dan kelestarian lingkungan hidup di sekitar instalasi PLTU agar tercipta keseimbangan ekosistem.

Baca Juga :   Tarif Listrik Non Subsidi Bulan Depan Naik

“Kami merasa kegiatan ini akan memberikan efek domino yang bagus, seperti menekan abrasi pantai dan juga dari sisi perikanan. Dengan lingkungan yang baik dan terpelihara, pasti akan mendatangkan ikan dan kepiting sehingga dapat meningkatkan ekonomi para nelayan di wilayah ini. Kami juga berharap kegiatan semacam ini terus dilakukan PLN secara berkesinambungan karena masih banyak pesisir pantai yang perlu mendapat perhatian khusus untuk penanaman mangrove,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO