Ekbis  

Emas Jadi Pilihan Investasi Bijak

JagatBisnis.com – Di tengah ketidakpastian global dan meningkatnya harga komoditas, emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi menjanjikan dan berisiko rendah. Meski harganya berfluktuasi, tapi rata-rata setiap tahunnya meningkat. Sehingga banyak masyarakat yang beranggapn investasi emas tidak ada ruginya. Bahkan, besaran kenaikan harga emas melebihi angka inflasi. Oleh sebab itu emas dalam jangka panjang menjadi investasi menguntungkan dan tidak tergerus inflasi.

“Rata- rata kenaikan harga emas selalu lebih tinggi dari inflasi terlebih di situasi saat ini harga emas menjadi komoditas yang mendunia dan menjadi safe heaven,” kata Kepala Devisi Penjualan PT Pegadaian Galeri 24, Dadan Kadarsah, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (18/4/2022).

Menurut dia, banyak manfaat yang didapatkan jika berinvestasi emas. Selain tidak tertekan inflasi, nilai emas cenderung meningkat. Terlebih saat ketegangan geopolitik seperti perang Ukraina dan Rusia. Selain itu, likuiditas emas juga tinggi sehingga mudah diperjualbelikan.

Baca Juga :   Krisis Ukraina, Emas Jadi Pelarian Para Investor

“underlying-nya jelas, buyback atau digadai juga gampang,” tegasnya.

Baca Juga :   Cadangan Emasnya Senilai Rp1.988 Triliun, Tidak Laku

Sementara itu, analis pasar modal GK Invest Lukman Hqeem menambahkan, emas menjadi safe heaven yang banyak diburu masyarakat, terutama saat pandemi Covid-19. Namun perlu dipahami investasi emas sebaiknya direncanakan sejak awal dengan metode jangka panjang sehingga mendapat imbal hasil (return) optimal. Salah satu kiat investasi yang paling tepat menyikapi kondisi yang tidak menentu adalah jangka panjang.

Baca Juga :   Emas Melesat, Galeri 24 Luncurkan 4 Serian Anyar

“Memang, karakteristik investasi emas tidak tergerus inflasi. Oleh sebab itu disarankan salah satu portofolio investasi untuk mengamankan masa depan dengan investasi emas. Untuk menyikapi penurunan nilai, perlu simpan aset jika suatu saat ada kenaikan harga barang. Nah yang paling stabil adalah emas, berbeda dengan dolar, kripto dan lainnya,” tutup Lukman. (eva)

MIXADVERT JASAPRO