Bus Tak Layak Angkut Lebaran Masih Ditemukan di Terminal Kampung Rambutan

JagatBisnis.com – Menjelang mudik Lebaran 2022, Terminal Kampung Rambutan memeriksa kelayakan bus. Pemeriksaan ini dilakukan untuk menjaga standar keselamatan selama arus mudik dan balik nanti. Sayangnya, dalam kegiatan pra ramp check atau uji pemeriksaan layak jalan bus antar kota antar provinsi (AKAP) Lebaran 2022 ini masih ditemukan bus yang belum layak angkut.

“Bus dianggap tidak layak, karena ada standar keselamatan dan keamanan yang belum terpenuhi, yaitu alat pemadam api ringan (APAR) atau pemecah kaca saat darurat,” kata Kepala Terminal Bus Kampung Rambutan, Yulza Ramadhoni, Senin (18/4/2022).

Yulza menjelaskan, tiap hari, minimal terdapat 20 bus yang perlu dilakukan pra ramp check. Kegiatan pengecekan standar keselamatan transportasi umum tersebut dimulai sejak 5 April dan telah berakhir 14 April 2022. Sayangnya, jumlah bus yang layak jalan maupun belum layak jalan tidak disebutkan.

Baca Juga :   6 Hari Jelang Lebaran, Penumpang Kereta Api Siliwangi di Cianjur Melonjak

“Namun, kami tetap mengimbau agar Perusahaan Otobus (PO) melengkapi kekurangan yang ada dalam bus. Hal ini dikarenakan pada tanggal 25 April mendatang, kami akan melakukan ramp check kembali sehingga nantinya bus tersebut bisa layak jalan dan mengangkut penumpang. Apabila tidak dilengkapi, kami tidak memperbolehkan melakukan pelayanan transportasi pemudik,” ungkapnya.

Baca Juga :   PNS DKI yang Nekat Mudik Bawa Kendaraan Dinas, Siap-siap Kena Sanksi

Dia menerangkan, selain ramp check, pihaknya juga akan melakukan pengecekan kesehatan supir-supir Bus AKAP. Operasi pengecekan kelayakan bus dan kesehatan supir akan dilaksanakan H-7 hingga H+7 Lebaran melalui petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Pemeriksa kesehatan para pengemudi dilakukan hari Senin kemarin sampai dengan nanti tangal 17 April,” beber Yulza. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO