Akhir Ramadhan, Bandara YIA Buka Rute ke Malaysia

JagatBisnis.com-Otoritas bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, akan kembali mengoperasikan rute penerbangan internasional ke Malaysia, pada akhir ramadan atau 29 April 2022. Keputusan ini menyusul pelonggaran aktivitas di domestik maupun internasional.

Pelaksana Tugas Sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama, mengatakan, pelayanan penumpang di bandara ini pada periode Januari-Maret 2022 tumbuh 81,93 persen dibandingkan periode sama pada tahun lalu. Penumpang yang terlayani dalam tiga bulan awal 2022 sebanyak 544.137. Selama Maret 2022 YIA telah melayani sebanyak 195.324 penumpang atau mengalami pertumbuhan hingga 70,55 persen.

“Kami optimistis jika melihat grafik pertumbuhan penumpang itu. Diperkirakan, pertumbuhan jumlah penumpang di bandara ini akan melaju positif dalam beberapa waktu ke depan. Apalagi April hingga Mei kita dihadapkan dengan momen angkutan Lebaran, yang diprediksi ada kenaikan trafik pengguna jasa bandara,” katanya, Minggu (17/4/2022).

Baca Juga :   Jelang H-1 Ramadhan, Ada 9.634 Penumpang Keberangkatan KAI

Dia menegaskan, jumlah penumpang di YIA diprediksi hingga 12 ribu per hari saat arus mudik-balik lebaran. Menyikapi hal itu, pihaknya menambahkan jam operasional bandara yang semula dimulai pukul 7.00 WIB hingga 18.00 WIB menjadi pukul 7.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Baca Juga :   Malaysia Optimis Tak akan Bangkrut Seperti Sri Lanka

“Sudah ada beberapa pengajuan tambahan penerbangan di malam hari, seperti rute Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Cengkareng,” tutup dia. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO