105 Rumah di Medan Terendam Banjir akibat Sungai Deli Meluap

JagatBisnis.com – Sedikitnya 105 rumah di Kota Medan terendam banjir akibat meluapnya Sungai Deli pada Jumat (8/4/2022) lalu.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat ratusan rumah dan warga terdampak banjir terjadi hingga saat ini. Wilayah yang terendam banjir berada di dua kelurahan yakni Kelurahan Aur dan Sei Mati sebanyak 112 KK atau 394.

“Kerugian tercatat 105 unit rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air 20 hingga 120 cm, saat banjir berlangsung,” Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul, Minggu (10/4/2022).

Baca Juga :   Ratusan Warga di Batam Mengungsi Akibat Banjir

Abdul menyebut banjir disebabkan hujan deras dan meluapnya Sungai Deli. “Banjir terjadi setelah hujan deras di kawasan hulu sehingga debit air Sungai Deli meluap,” ujarnya.

Baca Juga :   Rayakan Lebaran Hari Ketiga, Sebagian Warga Toboali Kebanjiran

Petugas BPBD juga telah melakukan patroli dan memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan siaga. Pihaknya juga terus memonitor perkembangan cuaca dari BMKG sehingga antisipasi terhadap bahaya hidrometeorologi dapat dilakukan sejak dini.

Baca Juga :   Anies Baswedan: Kini Cipinang Melayu Tak Kebanjiran Lagi

Sejumlah peralatan telah disiagakan oleh petugas gabungan yang mendirikan pos komando di Gedung Dharma Wanita.

Menyikapi bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir dan angin kencang, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap siaga. (pia)

MIXADVERT JASAPRO