Olahraga Ringan Bisa Dilakukan Usai Berbuka Puasa

Ilustrasi olahraga Foto: BP Guide

JagatBisnis.com – Ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan usai berbuka puasa. Jika Anda terbiasa berolahraga, ketika di bulan Ramadan, kegiatan ini bisa jadi cocok.

Puasa tidak seharusnya menghentikan seseorang untuk tetap berolahraga, justru dengan melatih fisik dapat meningkatkan stamina seseorang.

Selama Ramadan, sebagian orang memilih untuk tidak berolahraga lantaran khawatir akan menjadi lemas dan dehidrasi. Padahal, olahraga ringan tetap bisa dilakukan setelah berbuka dan membuat tubuh jadi lebih segar.

Baca Juga :   Sering Diabaikan, Kenali Tanda Kelelahan karena COVID-19

Ahli gizi Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D mengatakan mengatakan bahwa selama Ramadan, kita tetap perlu menjaga stamina dan daya tahan tubuh, baik secara fisik maupun psikologis.

Secara fisik, selain memperhatikan asupan gizi yang cukup, berolahraga pun perlu dilakukan secara teratur setiap hari.

“Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya,” ujar dr. Esti seperti mengutip dari siaran resmi Greenfields, Jakarta, pada Sabtu, (9/4/2022).

Baca Juga :   Benarkah Orang dengan Alergi Berakibat Fatal Jika Divaksin COVID-19?

Berikut adalah beberapa olahraga ringan yang dapat Anda lakukan setelah berbuka puasa.
1. Jalan santai
Jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi tubuh, antara lain menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke, memperkuat tulang, serta mengurangi lemak tubuh.

2. Jogging
Jogging memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan kekuatan tulang, memperkuat otot, menjaga kesehatan jantung, dan menjaga berat badan.

Baca Juga :   Di Atas 50 Tahun, Risiko Kematian Pria Lebih Tinggi dari Wanita

3. Naik turun tangga
Gerakan sederhana seperti naik turun tangga dapat membakar kalori, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan dalam berolahraga, hingga meningkatkan kekuatan tubuh.

4. Sit up dan push up
Sit up dan push up memiliki banyak manfaat, seperti menjaga postur tubuh, membangun otot perut, mengurangi risiko nyeri pinggul, hingga meningkatkan kelenturan tubuh. (pia)

MIXADVERT JASAPRO